Harga Minyak Sawit Kembali Naik, Mengikuti Kenaikan Harga Minyak Kedelai

454

(Vibiznews – commodity) – Harga minyak sawit naik untuk hari ke dua berturut-turut, karena mengikuti kenaikan harga minyak kedelai.

Harga minyak sawit Juni pada penutupan pasar hari Selasa naik 87 ringgit atau 2.26% menjadi 3,930 ringgit ($953.88) per ton. Selama perdagangan hari Selasa harga minyak sawit sempat naik 4.4%.

Keputusan Biden untuk menggunakan minyak nabati membuat harga minyak nabati meningkat ke harga tertinggi, sehingga membuat konsumen India dan Afrika khawatir karena akan membuat inflasi global untuk harga bahan makanan menjadi naik. Harga minyak kedelai naik tinggi pada perdagangan malam hari dan di pasar Asia pada perdagangan pagi hari. Hal ini membuat minyak kedelai lebih banyak lagi dibuat, sementara itu produksi minyak sawit juga akan meningkat lagi.

Pasar akan terus melihat perkembangan dari harga minyak kedelai untuk beberapa hari ini.

Harga minyak sawit tidak bisa bertahan lama di harga tertingginya pada hari Selasa karena pada akhir pasar trader melakukan penjualan karena melihat bahwa produksi minyak sawit meningkat, sementara permintaan belum naik.

Indonesia, negara produsen minyak sawit terbesar di dunia mengumumkan harga referensi untuk bulan April naik ke $1,093.83 per ton sehingga akan meningkatkan pajak ekspor, menurut Laporan dari Departemen Perdagangan Indonesia.
Ekspor biodiesel berbasis minyak sawit Malaysia turun ke jumlah terendah sejak 2017, karena Uni Eropa melakukan lockdown dan pembatasan perjalanan akibat pandemi covid gelombang ke -3 menurut Malaysian Biodiesel Association ( MBA).

Harga minyak kedelai di CBOT naik 1.4% . Di Bursa Dalian harga minyak kedelai naik 3.4% sementara harga minyak sawit naik 4.7 %.

Analisa tehnikal untuk minyak sawit dengan support pertama di 3,760 ringgit dan berikut ke 3,670 ringgit sedangkan resistant pertama di 3,910 ringgit dan berikut ke 3,940 ringgit

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here