Harga Emas Turun Karena Penguatan Data Ekonomi AS

660

(Vibiznews – Commodity) Harga emas jatuh pada hari Rabu (07/04) karena data ekonomi Amerika Serikat yang kuat mengangkat ekspektasi pemulihan yang cepat dan daya tarik emas menjadi pudar, sementara investor menunggu risalah dari pertemuan kebijakan terakhir Federal Reserve.

Harga emas spot turun 0,37% menjadi $ 1,736,50 per ons.

Harga emas berjangka AS tergelincir 0,3% menjadi $ 1.737,70 per ons.

Muncul ekspektasi bahwa percepatan pertumbuhan ekonomi dan inflasi AS dapat memaksa The Fed untuk membatalkan janjinya untuk mempertahankan suku bunga mendekati nol hingga tahun 2024.

Emas non-imbal hasil sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga, karena meningkatkan biaya peluang untuk memegang emas batangan dan mendukung dolar dan imbal hasil obligasi

Pelaku pasar menunggu rilis risalah dari pertemuan kebijakan 16-17 Maret Federal Reserve AS pada pukul 1800 GMT.

Data pada hari Selasa menunjukkan lowongan pekerjaan AS naik ke level tertinggi dua tahun pada bulan Februari sementara perekrutan meningkat karena penguatan permintaan domestik di tengah peningkatan vaksinasi COVID-19 dan bantuan pandemi tambahan dari pemerintah.

Aktivitas bisnis zona Eropa juga kembali tumbuh bulan lalu, didukung oleh rekor ekspansi di sektor manufaktur.

Dana Moneter Internasional, sementara itu, menaikkan prospeknya untuk pertumbuhan ekonomi global.

Bank sentral di seluruh dunia, khususnya Bank Sentral Eropa dan Federal Reserve, ingin melihat angka pertumbuhan dan inflasi yang lebih tinggi sebelum mereka berpikir untuk mengubah kebijakan moneter.

Di antara logam mulia lainnya, perak turun 0,9% menjadi $ 24,95 per ons dan paladium turun 1,5% menjadi $ 2.643.49, sementara platinum stabil di $ 1.233,04.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas bergerak turun dengan menguatnya data ekonomi AS dan proyeksi peningkatan pertumbuhan ekonomi global oleh IMF. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 1,729-$ 1,719. Namun jika naik, akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,742-$ 1,748.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here