Harga Gandum Turun, Karena Menurunnya Ekspor

561

(Vibiznews – Commodity) Harga gandum turun pada akhir minggu lalu karena menguatnya indeks dolar, akibatnya ekspor gandum AS menjadi turun karena harganya lebih mahal dari harga di Rusia.

Harga gandum Desember di CBOT turun 7.25 sen (0.94%) menjadi $7.6650 per bushel.

Pasar menantikan Laporan Bulanan Perkiraan Persediaan dan Permintaan pada hari Selasa 9 Nopember.

Laporan penjualan ekspor mingguan dari USDA hari Kamis sebesar 400,102 MT gandum dipesan pada minggu ini sampai 28 Oktober. Naik 48% dari tahun lalu dan ada dalam batas tertinggi perkiraan, namun masih 33% dari tahun lalu pada minggu yang sama. Negara tujuan ekspor terbesar adalah Mexico sebesar ¼ dari total sementara ekspor ke Cina dikurangi pembatalan sebesar 100 MT. Total gandum yang belum dikirim sampai 28 Oktober sebesar 477.9 mbu, sudah 54.6% dari perkiraan USDA bulan Oktober dan turun 23 % dari sebelumnya ketika WASDE bulan Oktober menurunkan perkiraan ekspor gandum 12%.

Census bulanan menunjukan sebesar 84.86 mbu gandum dikirim pada bulan September turun dari bulan Agustus 96 mbu dan 98.6 mbu di bulan September 2020. Total Ekspor gandum sebesar 330.2 mbu pada minggu pertama Nopember, rata-rata per bulan 82.5 mbu dibanding rata-rata perkiraan 72.9 mbu, sehingga perkiraan USDA pada Oktober 875 mbu.

Pola musim La Nina membuat kekeringan terjadi di beberapa tempat di AS pada musim semi dan musim panas tahun depan sehingga menurunkan produksi gandum. Harga gandum di AS mahal dibandingkan negara produsen gandum lainnya tetapi diperkirakan harganya dapat bersaing di bulan Januari.

Rusia

Harga gandum Rusia meningkat pada minggu lalu, karena tingginya harga gandum Paris membuat Mesir membeli dari Rusia.

GASC,  Mesir membeli 180,000 ton gandum Rusia dalam tender minggu lalu untuk pengiriman bulan Desember, ini adalah pembelian terbesar lagi dimana Rusia sebelumnya telah memenangkan setengah dari tender pada 27 Oktober.

Negara Timur Tengah dan Afrika Utara kekurangan gandum dan sedang melakukan pembelian sedang melakukan tender di pasar Internasional, dan harga gandum

Harga gandum Rusia melalui pelabuhan Laut Hitam dinaikkan $2 dari minggu lalu menjadi $326 per ton FOB pada akhir minggu.

Menurut Sovecon harga gandum naik $2 menjadi $327 per ton.

Ekspor gandum Rusia turun 32% sejak 2021/22 untuk musim penjualan pada 1 Juli, karena hasil panen turunn dan pajak ekspor pemerintah yang terus meningkat pada minggu ini dan mencapai $69.9 per ton.

Cuaca di Rusia sangat baik untuk menanam gandum musim dingin yang sedang ditanam untuk panen pada tahun depan, di hampir semua daerah Rusia, curah hujan yang baik pada awal penanaman.

Negara Produsen Gandum Lainnya.

Cuaca di Amerika  Selatan juga sedang baik sehingga tanaman gandum dalam keadaan baik dan  sudah selesai panen 10%

Australia timur terlalu banyak hujan sehingga mengganggu pertumbuhan tanaman gandum akibatnya dapat  mengurangi hasil panen dan kualitasnya turun.

The US ag Attache di India mengatakan akan meningkatkan ekspor gandum menjadi 5 MMT naik dari perkiraan USDA 4 MMT.

Harga gandum di Paris turun di akhir minggu, tetapi masih di harga tertingginya.

Analisa tehnikal untuk gandum dengan support $7.63 dan berikut ke $7.44 sedangkan resistan pertama di $7.90 dan berikut ke $8.12.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here