Harga Kedelai Turun, Cuaca Baik Meningkatkan Hasil Kedelai

400

(Vibiznews – Commodity) Harga kedelai kembali turun pada penutupan hari Selasa karena turunnya ekspor ke Cina, perkiraan USDA panen kedelai sudah hampir selesai, cuaca juga membaik selama panen.

Permintaan akan kedelai yang digiling tinggi namun produksi kedelai yang digiling berkurang. Penjualan ekspor juga diperkirakan turun karena sampai hari Selasa tidak terjadi penjualan baru.

Persediaan kedelai Brazil kembali naik dan dijual lebih rendah dari harga kedelai AS, sehingga Cina bisa beralih membeli ke Brazil karena ketegangan yang berlangsung antara Cina dan AS.

Harga kedelai Januari turun 1.2 sen (0.10%) menjadi $12.73 per bushel, harga soymeal Januari turun $7.6 (2.09%) menjadi $356.10 per ton dan harga minyak kedelai naik 73 sen (1.23%) menjadi $60.08.

Harga kedelai turun pada penutupan pasar hari Selasa, namun harga minyak

kedelai masih naik. Cuaca sangat mendukung di ladang kedelai pada saat panen kedelai sehingga diperkirakan hasil panen meningkat, panen kedelai di AS sudah selesai 95%, hampir selesai satu sampai 2 minggu ke depan.

Harga kedelai pada penutupan pasar hari Senin naik, setelah Laporan pengiriman ekspor mingguan sebesar 1.684 MMT kedelai di ekspor sampai 18 Nopember turun dari 2.36 MMT pada minggu lalu dan 2.291 MMT dari tahun lalu. Negara tujuan pengiriman terbesar adalah Cina dengan 1.23 MMT.

Laporan progress pertumbuhan tanaman dari NASS sebesar 95% panen kedelai sudah selesai dibanding minggu lalu 92% dan rata-rata 96%.

Data Chinese Custom bahwa impor Cina dari AS sebesar 775,331 MT selama bulan Oktober turun dari 3.4 MMT pada Oktober 2020. Cina juga membeli kedelai dari Brazil 3.3 MMT dibanding 4.23 MMT pada musim lalu. Total impor kedelai turun 41% dari Oktober 2021 menjadi 5.11 MMT.

Curah hujan di area penanaman kedelai di Argentina sering turun hujan pada bulan Nopember ini, tapi masih harus berhati-hati dengan cuaca La Nina, akan terjadi kekeringan pada saat cuaca La Nina, namun pada tahun ini di saat penanaman kedelai di Argentina yang sudah selesai 32% hujan masih turun, sesuai dengan perkiraan, dengan turunnya hujan pada saat ini diperkirakan penanaman akan sudah selesai pada saat La Nina datang tahun depan.

Analisa tehnikal untuk kedelai dengan support pertama di $12.57 dan berikut ke $12.41 sedangkan resistant pertama di $12.89 dan berikut ke $13.04.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here