Bursa Eropa Berakhir Sebagian Besar Naik; Cetak Kenaikan Mingguan Terbaik Sejak 2020

1042
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa saham Eropa ditutup sebagian besar lebih tinggi pada akhir pekan hari Jumat, mencatat kenaikan mingguan terbaik sejak 2020, mencermati negosiasi antara Rusia dan Ukraina dan keputusan bank sentral.

Indeks Stoxx 600 Eropa berakhir 0,7% lebih tinggi, dengan sebagian besar sektor di wilayah positif dan bursa utama menunjuk ke arah yang berlawanan. Indeks menutup minggu ini naik lebih dari 5,2%, mencatat kinerja mingguan terbaiknya sejak minggu ini hingga 6 November 2020.

Indeks FTSE berakhir naik 0,15%. Indeks DAX ditutup turun -0,24%. Indeks CAC ditutup naik 0,12%.

Saham perjalanan dan liburan memimpin kenaikan pada hari Jumat, naik lebih dari 2,4%, sementara otomotif tergelincir sekitar 1%.

Sedikit kemajuan telah dibuat sejauh ini dalam pembicaraan antara diplomat Rusia dan Ukraina setelah hari keempat dialog, sementara pasukan Rusia terus membombardir kota-kota Ukraina. Harga komoditas rally sekali lagi karena kekhawatiran sanksi yang lebih ketat dan masalah pasokan yang terus-menerus muncul kembali.

Saham di Asia-Pasifik beragam pada hari Jumat, dengan indeks Hang Seng Hong Kong terus menunjukkan volatilitas liar di tengah minggu rollercoaster.

Bank of Japan pada hari Jumat mempertahankan kebijakan moneternya stabil dalam keputusan yang sebagian besar diharapkan, memperingatkan “ketidakpastian yang sangat tinggi” mengingat situasi di Ukraina dan dampaknya terhadap harga.

Keputusan itu diambil setelah Federal Reserve AS pada hari Rabu menyetujui kenaikan suku bunga pertama dalam lebih dari tiga tahun dan Bank of England pada hari Kamis menaikkan suku bunga untuk pertemuan ketiga berturut-turut.

Di Amerika Serikat, saham berjangka AS tergelincir di awal perdagangan premarket pada hari Jumat setelah reli tiga hari untuk S&P 500 menetapkan patokan ekuitas di jalur kenaikan mingguan terbesar sejak November 2020.

Penghasilan sebelum bel pada hari Jumat datang dari Porsche dan JD Wetherspoon, sementara bank sentral Rusia akan mengumumkan keputusan suku bunga terbarunya, karena mencoba untuk mengarahkan ekonomi negara itu melalui rentetan sanksi internasional yang bersejarah.

Dalam hal pergerakan harga saham individu, perusahaan logistik Swiss Interroll dan biotek Bachem Holding keduanya turun lebih dari 9% ke dasar Stoxx 600 setelah laporan pendapatan setahun penuh mereka.

Di puncak indeks blue chip Eropa, produsen senjata Jerman Rheinmetall naik 4,7% setelah UBS, Deutsche Bank dan HSBC semuanya menaikkan harga target mereka untuk saham perusahaan. Perusahaan IT Inggris Softcat naik 4,5% setelah Berenberg meningkatkan saham menjadi “beli” dari “tahan”.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya bursa Eropa akan mencermati perkembangan krisis Rysia-Ukraina, yang jika negosiasi kedua negara menemukan jalan perdamaian, akan menguatkan bursa saham Eropa.