XL Axiata (EXCL) Beli Saham Hypernet Senilai Rp321,3 Miliar

453

(Vibiznews – IDX Stocks) – Emiten yang bergerak dibidang informasi dan teknologi, PT XL Axiata Tbk, pemilik saham dengan kode EXCL membeli 2.805 lembar saham (~51%) Hipernet Indodata (Hypernet). Perjanjian ini ditandatangani pada 22 Maret 2022 dengan nilai transaksi sebesar 321,3 miliar rupiah. Akuisisi ini bertujuan untuk meningkatkan cakupan produk yang ditawarkan oleh perseroan kepada pelanggan.

Hypernet merupakan sebuah perusahaan managed service provider dengan kapasitas layanan informasi dan teknologi yang sepenuhnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Adapun jasa yang ditawarkan Hypernet adalah layanan penyediaan serta pengelolaan sumber daya informasi dan teknologi, baik berupa software dan hardware, seperti layanan WiFi, cloud, dan cyber security.

Beberapa client Hypernet adalah Mandiri, Marriott International, Kominfo, Binus, Samsung, dan Waskita.

Hipernet Indodata memiliki visi menjadi Managed Service Provider IT kelas dunia yang terpercaya, danmisi mendukung pencapaian bisnis yang lebih baik melalui teknologi

Dengan akuisisi ini, laporan keuangan Hypernet akan terkonsolidasi pada laporan keuangan EXCL per Q1 2022. Akibatnya, EXCL berpotensi membukukan penambahan pendapatan dan beban yang dialami oleh Hypernet. Selain itu, akun-akun pada balance sheet Hypernet akan terkonsolidasi pada balance sheet EXCL.

Dari segi operasi, akuisisi ini akan melebarkan sayap EXCL dan memperkuat posisinya dalam industri informasi dan teknologi.

Pada akhir Januari lalu, EXCL juga mengakuisisi 66,03% saham LINK senilai 8,72 triliun rupiah (~4800 rupiah/lembar saham).

Untuk pergerakan saham EXCL ini, sampai dengan pukul 09:32 WIB, harga saham EXCL telah menguat 0.37% atau 10 poin ke harga Rp2700 per lembar. Sementara untuk kinerjanya selama tahun 2022 ini, masih terkoreksi sebesar 14.83 persen.

Selasti Panjaitan/Vibiznews