Harga Gula Naik Sedikit, Harga Kopi dan Kakao Masih Turun Pada Penutupan Pasar Hari Rabu

266
kopi, gula, kakao

(Vibiznews – Commodity) – Pergerakan pasar untuk Soft Commodities pada hari  Rabu 8 Juni   2022,      Harga Soft Commodities   mixed, Harga kopi Arabika   turun, kurs real Brazil melemah ke kurs terendah 2 1/2 minggu, harga kopi Robusta turun ekspor Vietnam meningkat, harga gula  naik sedikit setelah penghapusan pajak dari bensin dan etanol dari pemerintah Brazil,   harga kakao turun persediaan kakao di ICE naik ke jumlah tertinggi 8 ½ bulan 

Inilah penutupan pasar pada hari Rabu untuk soft commodities : 

Kopi 

Harga kopi Arabika Juli di ICE New York turun 30 sen (0.13%) menjadi $231.85 dan harga kopi Robusta Juli di ICE London turun 0.19%. 

Harga kopi pada penutupan pasar hari Rabu turun ke harga terendah 1 minggu karena melemahnya kurs Real Brazil turun 0.42% dan ke kurs terendah 2 ½ minggu. 

 Gula 

Harga gula Juli di ICE New York naik 1 sen (0.05%) menjadi $18.98 dan harga gula Agustus di ICE London naik 0.02%.  

Harga gula pada penutupan pasar hari Rabu naik sedikit, naik dari awal pasar sempat turun ke   harga terendah 3 ½ minggu di New York dan harga gula di London turun ke harga terendah 1 ½ minggu setelah Presiden Brazil Brazil menghapuskan pajak atas bensin dan etanol sampai akhir tahun, sehingga harga etanol turun dan pabrik penggilingan tebu mengurangi produksi etanol sehingga persediaan gula meningkat. 

 Kakao 

Harga kakao Juli di ICE New York turun $17 (0.69%) menjadi $2,458 per ton dan harga kakao Juli di ICE London turun 0.17%. 

Harga kakao pada penutupan pasar hari Rabu turun untuk hari ke dua dengan harga kakao di New York turun ke harga terendah 1 ½ minggu dan harga kakao di London turun ke harga terendah 1 minggu. Persediaan kakao meningkat di ICE pada hari Rabu ke jumlah tertinggi 8 ½ bulan menjadi 5.493 juta kantong. 

 Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting