Harga Kopi, Gula dan Kakao Turun Pada Penutupan Pasar Hari Kamis

294
kopi, kakao, gula

(Vibiznews – Commodity) – Pergerakan pasar untuk Soft Commodities pada hari Kamis 23 Juni 2022, Harga Soft Commodities semua turun, Harga kopi Arabika turun , melemahnya kurs real Brazil, harga kopi Robusta turun, harga gula turun mengikuti turunnya harga minyak mentah, harga kakao turun menguatnya indeks dolar AS.

Inilah penutupan pasar pada hari Kamis untuk soft commodities:

Kopi
Harga kopi Arabika September di ICE New York turun $7.40 (3.13% ) menjadi $229 dan harga kopi Robusta di ICE London turun 1.28%
Harga kopi pada penutupan pasar hari Kamis turun karena melemahnya kurs real Brazil ke kurs terendah 4 1/4 bulan terhadap dolar. Turunnya real Brazil membuat harga kopi Brazil lebih murah apabila dibeli dengan mata uang lain membuat ekspor meningkat.

Gula
Harga gula Oktober di ICE New York turun 13 sen (0.70%) menjadi $18.36 dan harga gula Agustus di ICE London turun 0.36%.

Harga gula pada penutupan pasar hari Kamis dengan harga gula di New York turun ke harga terendah 6 minggu dan harga gula di London turun ke harga terendah 1 bulan. Harga gula turun karena mengikuti turunnya harga minyak mentah 1% pada hari Kamis dan melemahnya kurs Real Brazil turun ke kurs terendah 4 1/4 bulan terhadap dolar.

Kakao
Harga kakao September di ICE New York turun $19 (0.77%) menjadi $2,433 per ton dan harga kakao September di ICE London turun 0.06%.

Harga kakao pada penutupan pasar hari Kamis turun karena menguatnya indeks dolar AS sehingga menurunkan harga kakao. Harga kakao turun karena tekanan peningkatan inflasi menyebabkan terjadinya pertumbuhan ekonomi global melambat, sehingga permintaan akan komoditi berkurang termasuk kakao. Dengan tingkat inflasi yang tinggi, konsumsi akan barang non primer dan konsumsi barang mewah berkurang termasuk kakao menurut ICCO (the International Cocoa Organization) pada hari Kamis lalu.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting