Bursa Eropa Berakhir Naik Terpicu Bargain Hunting; Sentimen Bearish Membayangi

454
Brugge - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa ditutup lebih tinggi pada hari Rabu karena pasar berusaha untuk membalikkan penurunan negatif di sesi perdagangan sebelumnya.

Indeks Stoxx 600 Eropa ditutup naik 1,7%, dengan saham teknologi, media, dan ritel naik lebih dari 3% untuk memimpin kenaikan karena hampir semua sektor dan bursa utama berakhir di wilayah positif.

Indeks FTSE berakhir naik 1,17%. Indeks DAX ditutup naik 1,56%. Indeks CAC berakhir melonjak 2,03%.

Saham Just Eat Takeaway melonjak lebih dari 15% setelah Amazon setuju untuk mengambil 2% saham di anak perusahaan AS GrubHub untuk memberikan akses kepada anggota Perdana.

Utilitas Prancis EDF, naik lebih dari 14% setelah pemerintah Prancis mengatakan akan menasionalisasikan 100% perusahaan.

Perdagangan yang lebih tinggi untuk Eropa datang setelah Indeks Stoxx 600 Eropa ditutup turun 2,1% pada hari Selasa karena kekhawatiran resesi tumbuh di wilayah tersebut.

Indeks Ekonomi Sentix Juli pada hari Senin menunjukkan moral investor di 19 negara zona euro telah jatuh ke level terendah sejak Mei 2020, menunjuk ke arah resesi yang “tak terhindarkan”.

Pada hari Selasa, euro jatuh ke level terendah dalam dua dekade karena kekhawatiran resesi meningkat, dengan harga gas melonjak dan perang Ukraina tidak menunjukkan tanda-tanda mereda.

JPMorgan memangkas target harga untuk Tesla, mengatakan saham bisa jatuh lebih dari 40% karena pengiriman yang lebih lemah

Di Inggris, para pedagang mengawasi perkembangan politik dengan Perdana Menteri Boris Johnson menghadapi eksodus massal menteri pemerintah.

Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak dan Menteri Kesehatan Sajid Javid keduanya mengundurkan diri pada Selasa sebagai protes terhadap kepemimpinan Johnson, sementara beberapa pejabat lainnya juga mundur pada Rabu.

Di Wall Street, saham jatuh karena investor di Amerika Serikat melihat ke depan untuk publikasi risalah Federal Reserve AS dari pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal terbaru pada hari Rabu.

Rilis data AS minggu ini juga termasuk laporan pekerjaan Juni pada hari Jumat. Menurut perkiraan Dow Jones, pertumbuhan pekerjaan kemungkinan melambat di bulan Juni, dengan 250.000 nonfarm payrolls ditambahkan, turun dari 390.000 di bulan Mei. Ekonom yang disurvei memperkirakan tingkat pengangguran akan bertahan di 3,6%.

Di sisi data, penjualan ritel zona euro naik 0,2% bulan ke bulan di bulan Mei dan 0,2% per tahun, sedikit di bawah perkiraan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjunya bursa Eropa berpotensi lemah dibayangi sentimen bearish kenaikan suku bunga AS, kekhawatiran perlambatan ekonomi dan indikasi pelemahan data tenaga kerja AS.