PT Habco Trans Maritima Tbk Mengalami Oversubscribe 57.26 Kali Saat IPO

348

(Vibiznews – IDX) – PT Habco Trans Maritima Tbk perusahaan yang bergerak di bidang transportasi melakukan listing perdana sahamnya di Bursa Efek Indonesia hari Selasa (26/7/2022) dengan kode saham HATM. Perseroan ini menjadi perusahaan tercatat ke 29 di tahun 2022 yang mencatatkan sahamnya di BEI.

Perseroan menawarkan kepada masyarakat sebanyak saham yang akan dicatatkan terdiri dari 7 miliar saham dengan rincian saham pendiri sebesar 5,60 miliar saham, initial public offering (IPO) sebesar 1,11 miliar, program alokasi saham pegawai (ESA) sebesar 2,89 juta saham, dan konversi utang sebesar 281,25 juta saham. PT Habco Trans Maritima Tbk menawarkan harga saham perdana Rp 160 per saham dengan nilai nominal Rp 50 per saham. Pada saat IPO saham HATM mengalami oversubscribe 57.26 kali.

Direktur Utama PT Habco Trans Maritima Tbk, Andrew Kam, mengatakan dana yang diperoleh dari IPO ini sebesar Rp 179 miliar. Dana hasil IPO akan digunakan untuk pembelian armada kapal bulker baru untuk mendukung kegiatan usaha perseroan.

Mengenal bisnis perseroan, PT Habco Trans Maritima Tbk merupakan perusahaan yang sering dikenal sebagai solusi logistik maritim terintegrasi dimana HATM dapat menawarkan one-stop solution untuk pengangkutan kargo laut. Koordinasi yang teratur dari hulu ke hilir dari kapal tongkang, stevedoring, floating crane, docking menyebabkan peningkatan kualitas layanan secara signifikan, meminimalisir resiko operasional, serta menekan biaya operasional secara menyeluruh.