Harga Emas Tergelincir Seiring Dolar AS Stabil

346

(Vibiznews – Commodity) Harga emas tergelincir pada hari Selasa karena dolar stabil, menjelang rilis data inflasi AS akhir pekan ini yang dapat menentukan jalur kebijakan Federal Reserve.

Emas Spot turun 0,2% menjadi $1,670.64 per ons pada 1228 GMT, setelah mencapai puncak tiga minggu pada hari Senin.

Emas berjangka AS turun 0,4% menjadi $1,673,30.

Indeks dolar stabil setelah mencapai level terendah lebih dari satu minggu pada hari Senin, meredupkan daya tarik emas batangan untuk pembeli luar negeri.

Data pada hari Jumat menunjukkan tingkat pengangguran AS pada Oktober naik menjadi 3,7%, meningkatkan harapan The Fed akan beralih ke kenaikan suku bunga yang kurang agresif dan membantu emas mencatat hari terbaiknya sejak Maret 2020.

Investor sekarang akan terus mencermati angka inflasi AS pada hari Kamis, dan juga pemilihan paruh waktu hari Selasa.

Sementara itu, dua pembuat kebijakan utama di Bank Sentral Eropa mengatakan akan terus menaikkan biaya pinjaman bahkan ketika ekonomi zona euro tertekan.

Pelaku pasar juga terus mengawasi setiap berita seputar pembatasan terkait COVID di konsumen emas batangan teratas China.

Perak Spot turun 0,5% menjadi $20,67 per ons, platinum turun 0,1% menjadi $978, dan paladium turun 0,8% menjadi $1,881,50.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga emas akan mencermati pergerakan dolar AS, yang akan dipengaruhi sentimen kenaikan suku bunga AS, pernyataan pejabat The Fed dan hasil mid-term election AS.