BCA Tawarkan Bunga Deposito Lebih Tinggi

813
BCA
(Vibiznews – Banking & Insurance) – Salah satu strategi bank untuk menarik simpanan nasabah adalah dengan menawarkan deposito dengan bunga yang tinggi. Meskipun ini berarti meningkatkan biaya bank itu sendiri.

Tidak heran jika bank berlomba-lomba menarik nasabahnya untuk investasi dananya di deposito karena lebih aman dan lebih kecil risikonya dibandingkan investasi lainnya. Sehingga bunga deposito di perbankan terus melambung tinggi.

Salah satunya, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang punya penawaran bunga deposito tertinggi 4,00%. Padahal di tahun sebelumnya bunga deposito BCA tertinggi hanya 1,99%.

Pada pekan ini, Senin 13 Maret 2023, bunga deposito terbesar di BCA sebesar 4,00%. Tawaran bunga deposito di BCA sangat menarik, karena BCA berani berikan bunga deposito tinggi. Terutama untuk deposan yang mau simpan dana dengan tenor-tenor pendek.

Yakni mulai dari tenor 1 bulan maka deposan akan mendapatkan bunga 3,66%, kemudian untuk tenor 3 bulan ada tawaran bunga 4,00%. Sedangkan untuk tenor panjang di atas 6 bulan justru hanya ada tawaran bunga 2,00% hingga 2,50%.

Hal ini berbeda dengan bank lain misalnya Danamon yang menawarkan pembukaan deposito lewat aplikasi D-Mobile. Bunga deposito yang ditawarkan Danamon untuk tenor 1 bulan berkisar dari 1% – 4,25% tergantung besarnya dana yang ditempatkan. Sedangkan tenor 3 bulan tawaran bunga berkisar 1 % – 4,50%.

Selanjutnya tenor 6 bulan dan 9 bulan tawaran bunga semakin tinggi berkisar antara 2,75% – 4,75% tergantung besarnya dana nasabah yang ditempatkan. Makin lama tenor dan makin besarnya penempatan maka bunga yang ditawarkan bisa mencapai 4,75%.

Jika Anda tertarik untuk simpan deposito di BCA, dengan minimum dana sebesar Rp 8 juta maka Anda sudah bisa menjadi nasabah deposito di BCA. Perlu diingat, deposan juga harus bayar pajak penghasilan 20% dari nominal bunga deposito.

Sementara Danamon memberikan penawaran deposito dengan minimum dana sebesar Rp 1 juta jika menggunakan aplikasi D-bank Pro maka Anda sudah bisa menjadi deposan di Danamon dengan bunga 1 %.

Lain halnya dengan Bank Mandiri yang menawarkan bunga deposito tenor 1 bulan sebesar 2,25%. Minimum penempatan sebesar Rp 1.000.000,- dengan menggunakan aplikasi e-Banking (Mandiri Online) atau pembukaan lewat kantor cabang sebesar Rp 10.000.000,-

Jadi dibandingkan dengan Bank Mandiri dan Bank Danamon maka bunga deposito BCA merupakan yang tertinggi.

Belinda Kosasih/ Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting