Rally Saham Wall Street Berlanjut, Pidato Janet Yellen Ikut Memberi Support

420
wall street

(Vibiznews – Index) – Setelah perdagangan awal pekan positif, bursa saham Amerika Serikat kembali cetak gain pada perdagangan yang berakhir Rabu (22/3/2023).

Semua indeks ditutup dengan menguat cukup signifikan dengan Nasdaq mencapai penutupan terbaiknya dalam lebih dari sebulan.

Dow Jones melonjak  1,0% menjadi 32.560,60, Nasdaq melonjak  1,6% menjadi 11.860,11 dan S&P 500 melonjak  1,3% menjadi 4.002,87.

Berlanjutnya rally saham di Wall Street sebagian karena  upaya baru untuk menyelamatkan bank-bank yang tertekan di AS dan Eropa.

Sentimen positif juga merespon pernyataan Menkeu AS Janet Yellen yang mengatakan kesiapan pemerintah untuk melindungi deposan bank jika bank yang lebih kecil terancam.

Selain itu sentimen diperkuat spekulasi kenaikan Fed rate lebih rendah dengan CME Group FedWatch Tool  saat ini menunjukkan peluang 86,4% untuk  kenaikan 25 basis poin.

Secara sektoral, saham perbankan memimpin penguatan dengan  mendorong Indeks Bank KBW naik sebesar 5%.

Kekuatan berikutnya pada saham-saham energi, dengan Philadelphia Oil Service Index dan NYSE Arca Oil Index melonjak masing-masing sebesar 3,5% dan 3%.

Saham pialang juga mengalami penguatan besar dengan  menghasilkan lonjakan 2,9 persen oleh Indeks Arca Broker/Dealer NYSE.

Namun pergerakan sebaliknya terjadi pada saham emas dan utilitas yang ditutup lebih rendah.