Wall Street Terus Membaik, Bursa Jepang Pimpin Kenaikan Pasar Asia-Pasifik Pagi Ini (22/03)

311
asian

(Vibiznews – Index) – Pasar Asia-Pasifik naik pada hari Rabu (22/3) karena investor menantikan pembaruan terbaru Federal Reserve AS tentang keputusan kenaikan suku bunga, karena bank sentral berusaha untuk menyeimbangkan antara pertarungan inflasi dan membendung krisis perbankan.

Pasar Jepang memimpin kenaikan di wilayah tersebut, dengan Nikkei 225 naik 1,54% dan Topix lebih tinggi di 1,77% setelah menembus level 2% sebelumnya.

Di Australia, S&P/ASX 200 naik 0,9%, sementara di Korea Selatan, Kospi naik 0,67% dan Kosdaq menguat 0,78 persen.

Semalam di AS, ketiga indeks utama naik karena Wall Street memperpanjang reli Senin, dengan S&P 500 naik 1,3% menjadi berakhir pada 4.002,87 — penutupan pertama di atas ambang batas 4.000 sejak 6 Maret.

Dow Jones Industrial Average naik 0,98%, dan Nasdaq Composite bertambah 1,58% untuk memimpin kenaikan di bursa saham AS.

Indeks Topix Jepang naik sekitar 2% pada awal perdagangan yang dipimpin oleh sektor perbankan dan keuangan Jepang.

Mitsubishi UFJ Finansial, memimpin indeks dan naik 4,37%, sementara Sumitomo Mitsui Financial dan Keuangan Mizuho juga berada di antara pemenang teratas, masing-masing naik 3,5% dan 3,62 persen.

Nama lain yang memimpin indeks juga termasuk pembuat mobil Toyota, manajer investasi Softbank dan perusahaan teknologi Sony

Saham First Republic melonjak lebih dari 38% pada Selasa pagi. Langkah tersebut menandai pembalikan kerugian bank kemarin, setelah Standard & Poor’s menurunkan peringkat kreditnya lagi selama akhir pekan. Investor optimis setelah jaminan Janet Yellen Selasa pagi.

Saham bank regional AS lainnya terus menghijau. Saham PacWest Bancorp naik sekitar 15,7%. Zions Bancorp. dan KeyCorp masing-masing menambahkan 5,3% dan 5,8%. New York Community Bancorp naik 1,8% dan Fifth Third Bancorp naik 3,8 persen.

Selasti Panjaitan/Vibiznews/Head of Wealth Planning