Asia Tenggara Miliki Pertumbuhan Ekonomi Digital Pesat

304
Asia Tenggara Miliki Pertumbuhan Ekonomi Digital Pesat
Sumber: Kemenkeu

(Vibiznews – Economy & Business) – Tak disangka akibat pandemi yang panjang justru membuat maraknya bisnis e-commerce di negara kita maupun negara lainnya. Tentu saja hal ini menunjang pertumbuhan ekonomi digital.

Selain terkenal tangguh, Asia Tenggara juga merupakan kawasan dengan pertumbuhan ekonomi digital sangat pesat.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati pada agenda pertemuan yang diselenggarakan oleh World Bank di Washington D.C. Dengan mengusung tema “Unlocking the Full Potential Of Digital Transformation In Southeast Asia: Role Of Public And Private Sector.” Yang diselenggarakan pada Kamis (13/04) waktu setempat.

“Maraknya bisnis e-commerce yang memudahkan kita untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari turut menopang berkembangnya ekonomi digital di Asia Tenggara. Pada akhir tahun 2022 lalu, ekonomi digital Asia Tenggara bahkan mencapai Gross Merchandise Value (GMV) sebesar 200 miliar US Dollar, 3 tahun lebih cepat dari proyeksi awal,” jelas Menkeu.

Selain itu, Menkeu menambahkan bahwa ekonomi digital juga berkontribusi menciptakan 160.000 pekerjaan langsung dan 30 juta pekerjaan tidak langsung.  Serta menyumbang 5%-10% PDB kawasan Asia Tenggara pada tahun 2022.

Sama halnya di Indonesia, Menkeu menekankan bahwa UMKM juga menjadi aktor penting dalam perekonomian di kawasan Asia Tenggara. Berkembangnya ekonomi digital, khususnya dalam sektor keuangan, turut membuka jalan bagi para pelaku UMKM, para perempuan pelaku usaha. Termasuk juga masyarakat miskin dan terpinggirkan untuk mendapatkan akses terhadap produk keuangan formal.

“Oleh karena itu, Indonesia selaku pemangku Keketuaan ASEAN tahun ini berkomitmen untuk terus memperkuat inklusi keuangan ASEAN.  Khususnya pada sektor keuangan digital. Kita tetap optimis membangun ASEAN menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dunia,” terang Menkeu.

Belinda Kosasih/ Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting