Harga Minyak Kamis Bergerak Naik Mengabaikan Peningkatan Ekspor Rusia

2323

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak naik pada hari Kamis, menemukan beberapa dukungan setelah kerugian besar dalam dua sesi sebelumnya yang didorong oleh kekhawatiran ekonomi AS dan peningkatan ekspor minyak Rusia yang menumpulkan dampak pengurangan produksi OPEC.

Minyak mentah berjangka WTI AS menambahkan 20 sen atau 0,3% diperdagangkan pada $74,50.

Minyak mentah berjangka Brent diperdagangkan pada $77,98 per barel, naik 29 sen, atau 0,4%.

Harga minyak turun hampir 4% pada hari Rabu, memperpanjang penurunan tajam di sesi sebelumnya dengan kekhawatiran resesi membayangi penurunan persediaan minyak mentah AS yang lebih besar dari perkiraan.

Pada penutupan hari Rabu, Brent turun 4,9% untuk minggu ini sementara WTI turun 4,6%.

Pesanan baru untuk barang modal utama manufaktur AS turun lebih dari yang diperkirakan pada bulan Maret dan pengiriman menurun, menunjukkan bahwa pengeluaran bisnis yang tertekan untuk peralatan kemungkinan menarik kembali pertumbuhan ekonomi pada kuartal pertama.

Bagian OPEC dari impor minyak India turun pada laju tercepat pada 2022/23 ke level terendah setidaknya dalam 22 tahun karena asupan minyak Rusia yang lebih murah melonjak, sementara China juga meningkatkan pembelian minyak Ural Rusia.

Pemuatan minyak dari pelabuhan barat Rusia pada April akan menjadi yang tertinggi sejak 2019, di atas 2,4 juta barel per hari, meskipun Moskow berjanji untuk memangkas produksi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga emas akan mencermati pergerakan dolar AS, yang jika terus melemah akan dapat menguatkan harga minyak.