Ekonomi Jerman Terjerumus Masuk Resesi Setelah PDB Q1-2023 Dilaporkan Kontraksi

356
jerman
Foto : Vibizmedia

(Vibiznews – Economy) – Perekonomian Jerman masuki resesi setelah dilaporkan kontraksi pada kuartal pertama tahun ini menurut laporan Destatis hari Kamis (25/5).

PDB Jerman dilaporkan mengalami kontraksi sebesar 0,3% pada periode Q1-2023 setelah kuartal sebelumnya dilaporkan kontraksi 0,5%.

Ekonomi Jerman terjerumus masuk  resesi dikarenakan selama 2 kuartal berturut alami kontraksi seperti yang terlihat pada grafik dibawah.

Germany GDP Growth Rate

Terjerumusnya Jerman ke resesi karena konsumsi rumah tangga merosot di tengah meningkatnya biaya hidup yang dipicu oleh inflasi yang tinggi.

Konsumsi rumah tangga menyusut 1,2% secara berurutan karena konsumen membelanjakan lebih sedikit untuk makanan dan minuman, pakaian dan alas kaki, dan perabot.

Pengeluaran pemerintah juga mengalami penurunan yang signifikan sebesar 4,9%, sedangkan investasi tetap  menunjukkan rebound yang kuat sebesar 3,0%.

Ekspor  menyumbang 0,7% terhadap PDB karena ekspor meningkat dan impor menurun, ekspor tumbuh 0,4% ditopang oleh produk plastik dan logam fabrikasi.

Destatis juga melaporkan PDB menyusut 0,2% secara tahunan, membalikkan pertumbuhan kuartal sebelumnya.