Harga Kakao Jumat Akan Memperhatikan Kondisi Cuaca di Pantai Gading

413
kakao

(Vibiznews – Commodity) Harga kakao pada hari Kamis mencatat penurunan ke level terendah dalam 6 minggu terdukung membaiknya prospek tanaman utama Pantai Gading setelah adanya laporan dari para petani kakao bahwa hujan yang bermanfaat baru-baru ini di Pantai Gading telah menghasilkan bunga dan buah baru pada tanaman kakao.

Harga kakao kontrak bulan Desember di bursa berjangka New York ditutup turun 0,9% pada 3.400.

Faktor positif adalah persediaan kakao yang disimpan di pelabuhan-pelabuhan AS yang dipantau oleh ICE terus menurun selama empat bulan terakhir ke level terendah dalam 7-3/4 bulan pada hari Rabu.

Harga kakao cenderung lebih tinggi selama setahun terakhir, dengan kakao berjangka terdekat NY naik ke level tertinggi dalam 44 tahun pada tanggal 13 September di tengah kekhawatiran terhadap produksi kakao global. Akibat hujan lebat yang terjadi baru-baru ini di Afrika Barat, penyakit busuk buah telah menyebar. Penyebaran penyakit yang menyebabkan buah kakao menjadi hitam dan busuk ini dapat mengakibatkan penurunan kualitas dan produksi tanaman kakao serta mendorong pasar kakao global mengalami defisit selama tiga tahun pada musim 2023/24.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga kakao dapat bergerak turun dengan kondisi cuaca hujan di Pantai Gading akan meningkatkan pertumbuhan tanaman kakao. Harga kakao diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 3.375-3.326. Namun jika naik, akan bergerak dalam kisaran Resistance 3.452-3.488.