Harga Kakao Rabu Berakhir Naik Cetak Rekor Tertinggi 46 Tahun

359
kakao

(Vibiznews Harga kakao di bursa komoditi berjangka New York pada hari Rabu ditutup naik mencatat rekor tertinggi dalam 46 tahun terpicu penurunan produksi kakao global.

Harga kakao kontrak bulan Desember 2023 ditutup naik 1,56% pada 4.438.

Hujan yang terus menerus telah membatasi kerja lapangan dan mendorong penyakit tanaman di pertanian Afrika Barat, yang menyediakan sebagian besar pasokan kakao dunia. Hal ini juga memicu kekhawatiran bahwa produksi kakao saat ini tidak dapat menambah pasokan untuk menghindari defisit global.

Tanda-tanda berkurangnya produksi kakao di Pantai Gading, produsen kakao terbesar di dunia, memberikan dampak positif terhadap harga. Pada hari Senin, data dari pemerintah Pantai Gading menunjukkan petani Pantai Gading mengirimkan 479,449 MT kakao ke pelabuhan mulai 1 Oktober-27 November, turun -32.2% dibandingkan waktu yang sama tahun lalu.

Selain itu, sisi bullishnya adalah persediaan kakao yang disimpan di pelabuhan AS yang dipantau oleh ICE terus menurun sejak bulan Juni dan mencatat level terendah dalam 2,5 tahun pada hari Rabu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga kakao akan mencermati perkembangan produksi, yang jika terus berkurang, akan menguatkan harga kakao. Harga kakao diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance 4.459-4.480. Namun jika turun, akan bergerak dalam kisaran Support 4.396-4.354.