QRIS Tuntas dari BI Tingkatkan Inklusi Keuangan

261
Waspadai Cara Baru Penipu Kuras Rekening Pakai Kode QR

(Vibiznews – Banking & Insurance) – Perubahan tren masyarakat yang yang lebih menyukai belanja online dan transaksi non-tunai menggunakan QRIS membuat Bank Indonesia terus mengembangkan mekanismenya. Salah satunya lewat QRIS Tuntas.

Setelah diluncurkan pada 17 Agustus 2023 lalu, kini QRIS Tuntas dari Bank Indonesia (BI) dapat digunakan oleh nasabah Penyedia Jasa Pembayaran (PJP). Terutama yang telah siap mengimplementasikannya.

Apa saja fitur QRIS Tuntas?

Dengan QRIS Tuntas, nasabah bisa transfer, tarik tunai, dan setor tunai dengan memindai QRIS antarpengguna. Baik di ATM, maupun di agen QRIS Tuntas.

Ketiga fitur tersebut merupakan perluasan dari fitur QRIS yang telah ada sebelumnya sebagai sistem pembayaran digital. QRIS Tuntas menambah kekuatan QRIS karena memfasilitasi transaksi antar Penyedia Jasa Pembayaran (PJP).

Dengan QRIS Tuntas, transaksi tidak hanya dapat dilakukan antarbank, tetapi juga antar PJP non-bank seperti fintech.

Efeknya, masyarakat yang belum memiliki rekening atau belum tersentuh pelayanan bank (unbanked and underserved people), dimudahkan dengan bertransaksi keuangan secara digital. Hal ini pun dapat mengakselerasi inklusi keuangan di kalangan masyarakat.

“Poin yang sangat bermanfaat di sini adalah inklusivitas karena bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

QRIS-nya satu, yang bisa pakai banyak, QRIS-nya satu, menangnya banyak,” tutur Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Fitria Irmi Triswati. Hal itu dikatakan saat sosialisasi penerapan QRIS Tuntas di Alila Seminyak, Kuta, Bali pada Jumat (8/12).

Kemudahan sistem pembayaran digital yang dihadirkan QRIS mendorong tingkat pertumbuhannya yang impresif. Hal ini dapat dilihat dari data BI, per Oktober 2023 QRIS telah dimanfaatkan oleh 43,44 juta pengguna. Capaian ini hanya sedikit lagi menyentuh target 45 juta pengguna QRIS pada 2023.

Sepanjang tahun 2022, terdapat 14,68 juta pengguna baru QRIS. Berarti ada kenaikan hampir tiga kali lipat dari pengguna QRIS, ini menunjukkan animo masyarakat tinggi untuk menggunakan QRIS.

Hingga Oktober 2023, volume transaksi QRIS mencapai 1,596 miliar, bertumbuh 155% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Adapun nominal transaksi QRIS per Oktober 2023 sebesar Rp24,97 triliun, naik 186% year on year (YoY).

Bagaimana cara mentransfer dana menggunakan QRIS Tuntas?

Cara mentransfer dana dengan QRIS Tuntas sangat mudah. Pertama, pengirim memindai QRIS penerima. Kedua, pengirim memasukkan nominal dan PIN di aplikasi pembayaran miliknya. Dana pun sukses diterima.

Untuk tarik tunai, nasabah bisa melakukannya di ATM dan agen QRIS Tuntas. Pertama, masukkan nominal di aplikasi pembayaran. Kedua, pindai QRIS di layar ATM. Ketiga, masukkan PIN di aplikasi pembayaran. Keempat, ambil uang tunai dari ATM. Langkah yang sama dapat digunakan untuk melakukan tarik tunai di agen QRIS Tuntas.

Fitur setor tunai juga dapat dilaksanakan lewat ATM setor tunai maupun agen QRIS Tuntas. Untuk setor tunai di agen, pengguna menunjukkan QRIS di aplikasi pembayarannya yang kemudian dipindai oleh agen. Selanjutnya agen memasukkan nominal yang akan disetor, lalu input PIN di aplikasi. Setelah transaksi berhasil, agen menerima uang dari pengguna.

Deputi Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Arya Rangga Yogasati menjelaskan, terdapat persyaratan tertentu yang harus dipenuhi merchant untuk menjadi agen QRIS Tuntas. Merchant yang telah memiliki QRIS untuk pembayaran tidak serta merta dapat beroperasi sebagai agen QRIS Tuntas.

“Hal ini untuk menjaga keamanan dan memastikan merchant yang kredibel. Jadi ada beberapa tahapan yang harus dipenuhi calon agen QRIS Tuntas,” ungkap Arya saat acara sosialisasi QRIS Tuntas di Bali.

Belinda Kosasih/ Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting