Bursa Eropa Selasa Berakhir Naik; Saham Perjalanan dan Rekreasi Meningkat

238
Paris - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa saham Eropa ditutup lebih tinggi pada hari Selasa, rebound dari perdagangan yang lemah di sesi sebelumnya.

Indeks Stoxx 600 Eropa ditutup naik 0,43%, dengan mayoritas sektor berakhir di zona positif. Saham-saham sektor perjalanan dan rekreasi bertambah 1,7% memimpin kenaikan, sementara saham minyak dan gas datar setelah kenaikan pada hari Senin karena kekhawatiran pengiriman Laut Merah.

Indeks FTSE berakhir naik 0,31%.
Indeks DAX ditutup menguat 0,56%.
Indeks CAC 40 berakhir naik tipis 0,08%.

Pasar melemah menjelang liburan, meskipun pertemuan internasional para pejabat senior terus berlanjut, dengan pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari negara-negara industri Kelompok Tujuh pada hari Selasa.

Saham AS lebih tinggi. S&P 500 naik karena reli saham baru-baru ini menyusul perubahan dovish dari Federal Reserve membantu mengangkat indeks yang lebih luas mendekati rekor tertingginya.

Di pasar Asia-Pasifik, indeks Nikkei 225 Jepang melonjak 1% pada hari Selasa setelah Bank of Japan mempertahankan suku bunga kebijakan utamanya tidak berubah pada pertemuan terakhirnya tahun ini.

Saham produsen kimia dan pupuk Belanda OCI diperdagangkan di puncak Stoxx 600 pada transaksi awal, naik 5%, setelah pada hari Senin mengumumkan bahwa mereka akan menjual sahamnya di Iowa Fertilizer Company kepada Koch AG & Energy Solutions seharga $3,6 miliar.

Di ujung lain, Saham Frontline turun 2,7%, memimpin kerugian bagi perusahaan pelayaran karena investor mempertimbangkan dampak dari penangguhan rute Laut Merah.

Bank of America telah menyebut empat saham farmasi skala kecil dan menengah sebagai “pilihan teratas” untuk tahun 2024, menyoroti potensi kuat mereka untuk mendapatkan persetujuan peraturan dan peluncuran produk pada tahun depan.

Bank Wall Street mencatat bahwa pihaknya tetap “selektif secara hati-hati” dalam memilih bioteknologi karena sektor ini secara keseluruhan memiliki kinerja yang lebih buruk dibandingkan pasar saham yang lebih luas pada tahun 2023.

Sementara itu, saham bioteknologi dengan potensi kenaikan terbesar BofA telah mendapat persetujuan untuk obat yang mengobati penyakit ginjal langka yang menyerang 150,000 orang di AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa akan mencermati data GfK Consumer Confidence Jerman Januari yang jika terealisir meningkat, akan menguatkan bursa Eropa. Juga jika data inflation Rate Inggris November terealisir turun akan menguatkan bursa Eropa.