Rekomendasi Mingguan Kakao 8-12 Januari 2024 : Didukung Penurunan Produksi, Dibayangi Pergerakan Dolar AS

288

(Vibiznews – Commodity) Harga kakao di bursa komoditi berjangka New York secara mingguan naik tipis dengan adanya tarik menarik sentimen penurunan produksi Pantai Gading dan penguatan dolar AS.

Memulai perdagangan awal tahun 2024 pada hari Selasa, harga kakao berakhir naik terdukung penurunan produksi kakao di Pantai Gading.

Harga kakao meningkat setelah pemerintah Pantai Gading pada hari Selasa melaporkan bahwa petani Pantai Gading mengirimkan 824,730 MT kakao ke pelabuhan mulai 1 Oktober-31 Desember, turun -34% dibandingkan waktu yang sama tahun lalu. Pantai Gading adalah produsen kakao terbesar di dunia.

Namun pada hari Rabu, harga kakao berbalik ditutup turun tertekan penguatan dolar AS. Indeks dolar AS rally ke level tertinggi 2-1/2 minggu memicu likuidasi jangka panjang di kakao berjangka.

Selanjutnya pada hari Kamis, harga kakao kembali naik terdukung pelemahan dolar AS dan penurunan produksi kakao Pantai Gading.

Dan pada akhir pekan hari Jumat, Harga kakao ditutup melemah terpicu profit taking.

Secara mingguan harga kakao kontrak bulan Maret 2024 naik 0,19% pada posisi 4.204.

Untuk minggu ini, harga kakao akan mencermati beberapa sentimen berikut ini:

Penurunan pasokan kakao Pantai Gading.

Pemerintah Pantai Gading pada hari Selasa melaporkan bahwa petani Pantai Gading mengirimkan 824,730 MT kakao ke pelabuhan mulai 1 Oktober-31 Desember, turun -34% dibandingkan waktu yang sama tahun lalu. Pantai Gading adalah produsen kakao terbesar di dunia.

Pergerakan dolar AS

Minggu ini masih akan mencermati hasil data tenaga kerja AS yang menguat minggu lalu, yang akan menguatkan dolar AS. Untuk minggu ini data penting adalah rilis data inflasi AS yang jika terealisir naik, akan menguatkan dolar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga kakao akan mencermati persediaan kakao di Pantai Gading, yang jika lanjut menurun, akan menguatkan harga kakao. Juga jika dolar AS bergerak naik jika data inflasi AS terealisir naik, akan dapat menekan harga kakao. Harga kakao diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance 4.254-4.304. Namun jika turun, akan bergerak dalam kisaran Support 4.174-4.144.