Harga Kakao Kamis Berakhir Naik Moderat; Gangguan Angin Harmattan Masih Menjadi Sentimen Bullish

249
kakao

(Vibiznews – Commodity) Harga kakao berjangka di bursa komoditi berjangka New York pada hari Kamis berakhir naik moderat berkonsolidasi setelah reli tajam selama 5 minggu.

Harga kakao berjangka kontrak bulan Maret 2024 ditutup naik 0,20% pada 5.961.

Harga kakao sedang berkonsolidasi setelah reli tajam selama lima minggu yang mendorong harga mencapai rekor tertinggi dan memasuki wilayah overbought.

Dukunga harga kakao terjadi dengan angin musiman Harmattan yang kencang dan curah hujan yang tidak mencukupi di Afrika Barat mengeringkan ladang kakao dan menyebabkan kerusakan pada tanaman pertengahan di Pantai Gading.

Produksi kakao yang lebih rendah di Pantai Gading, produsen kakao terbesar di dunia, merupakan faktor kenaikan utama harga kakao. Data pemerintah hari Senin menunjukkan petani Pantai Gading mengirimkan 1,08 MMT kakao ke pelabuhan dari 1 Oktober hingga 11 Februari, turun -38% dibandingkan waktu yang sama tahun lalu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga kakao dapat bergerak naik dengan gangguan angin musiman Harmattan di Afrika Barat yang dapat merusak tanaman kakao dan menurunkan produksi kakao. Harga kakao diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance 6.031-6.102. Namun jika turun, akan bergerak dalam kisaran Support 5.889-5.818.