Imbal Hasil Treasury AS Akhir Pekan Turun Tertekan Pelemahan Ekonomi AS

234

(Vibiznews – Bonds) Imbal hasil Treasury AS turun pada hari Jumat terpicu pelemahan data ekonomi AS.

Imbal hasil Treasury 10-tahun turun lebih dari 6 basis poin menjadi 4,186%.
Imbal hasil Treasury 2 tahun turun hampir 11 basis poin menjadi 4,533%.

Indeks sentimen Universitas Michigan bulan Februari berada di 76,9, di bawah perkiraan Dow Jones sebesar 79,6. Angka ini juga lebih rendah dari angka bulan Januari sebesar 79.

Hal ini menyusul setelah laporan indeks pengeluaran konsumsi pribadi pada hari Kamis, yang merupakan ukuran inflasi pilihan The Fed, sejalan dengan ekspektasi pada hari Kamis. PCE utama meningkat sebesar 0,3% secara bulanan dan 2,4% secara tahunan di bulan Januari, sementara PCE inti – yang tidak mencakup harga pangan dan energi – naik sebesar 0,4% pada bulan tersebut dan 2,8% dari tahun sebelumnya.

Data PCE muncul segera setelah laporan indeks harga konsumen dan produsen untuk bulan Januari, yang juga melacak inflasi, lebih tinggi dari perkiraan.

Para pejabat The Fed dalam beberapa pekan terakhir menyatakan kehati-hatian mengenai pemotongan suku bunga yang terlalu cepat dan menjelaskan bahwa data akan terus memberikan informasi dalam pengambilan keputusan mereka.

Indeks manufaktur ISM AS bulan Februari secara tak terduga turun -1,3 menjadi 47,8, lebih lemah dari ekspektasi kenaikan menjadi 49,5.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, imbal hasil Treasury AS akan mencermati pernyataan pejabat Fed di akhir pekan yang jika memberikan sinyal perlambatan penurunan suku bunga, akan menguatkan imbal hasil Treasury AS. Namun sebaliknya jika memberikan sinyal percepatan penurunan suku bunga, akan dapat menekan imbal hasil Treasury AS.