Harga Kopi Arabika Senin Ditutup Naik Terdukung Cuaca Kering Brazil dan Penguatan Real Brazil

201

(Vibiznews – Commodity) Harga kopi arabika berjangka di bursa komoditi berjangka New York pada hari Senin ditutup lebih tinggi terdukung cuaca kering Brazil dan penguatan mata uang Real Brazil.

Harga kopi arabika berjangka kontrak bulan Juli berakhir naik 1,56% pada $2.2750 per pon.

Kondisi kekeringan di Brazil dapat mengurangi hasil kopi sehingga mendukung harga kopi arabika, setelah Somar Meteorologia melaporkan pada hari Senin bahwa wilayah Minas Gerais di Brazil tidak menerima curah hujan atau 0% dari rata-rata historis dalam seminggu terakhir. Minas Gerais menyumbang sekitar 30% tanaman arabika Brasil.

Faktor pendukung harga kopi lainnya adalah penguatan mata uang Real Brasil yang pada hari Senin naik ke level tertinggi dalam 2 minggu terhadap dolar, melemahkan penjualan ekspor dari produsen kopi Brasil.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga kopi arabika akan menghadapi sentimen cuaca kering di Brazil, yang dapat menguatkan harga kopi arabika. Harga kopi arabika diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $2.30-$2.32. Namun jika turun, akan bergerak dalam kisaran Support $2.24-$2.21.