Bank Commonwealth Selesai Diakuisisi PT Bank OCBC NISP Senilai Rp 2,2 triliun

148
Bank Commonwealth

(Vibiznews – Banking & Insurance) – PT Bank OCBC NISP Tbk (NISP) mengumumkan proses akuisisi PT Bank Commonwealth (PTBC) telah selesai senilai Rp 2,2 triliun atau 191 juta dolar Singapore. Dengan demikian, 100% saham PTBC telah sepenuhnya dimiliki oleh OCBC efektif 1 Mei 2024.

Sebagai bagian dari OCBC, kegiatan operasional Bank Commonwealth masih akan berjalan secara mandiri sampai dengan proses merger. Sementara itu, proses merger ini direncanakan akan selesai selambatnya Triwulan IV tahun 2024.

Sebagai informasi, Bank Commonwealth yang didirikan sejak tahun 2012 di Indonesia memiliki performa yang bagus. Bank Commonwealth mempertahankan peringkat nasional jangka panjang ‘AAA’ dengan Outlook Stabil sejak 2010 dari PT. Fitch Ratings Indonesia (Fitch).

Peringkat ”AAA” adalah peringkat tertinggi yang diberikan kepada penerbit utang mana pun. Yang mencerminkan tingkat kelayakan kredit Bank yang tinggi dengan kapasitas terkuat untuk membayar investor.

Peringkat tersebut memungkinkan Bank Commonwealth untuk menarik harga penerbitan instrumen utang lokal untuk mendanai pertumbuhan di masa depan.

Layanan kepada nasabah Bank Commonwealth akan berjalan seperti biasa melalui beragam kanal dan produk perbankannya. Termasuk transaksi perbankan di kantor cabang dan kanal digital Bank Commonwealth.

Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur OCBC mengatakan, Bank Commonwealth memiliki basis nasabah yang menarik dan komplementer pada segmen nasabah konsumen dan UKM (ritel). Perlu diketahui, Bank Commonwealth adalah salah satu Bank yang memiliki kredit rating tertinggi di Indonesia dan rekam jejak yang baik.

“Rencana kami adalah memanfaatkan kapabilitas dari kedua entitas untuk memperluas produk dan layanan OCBC di Indonesia. Serta menciptakan peluang pertumbuhan jasa keuangan di Indonesia,” kata dia dalam keterangan resminya, Kamis (2/5).

Lebih lanjut Presiden Direktur Bank Commonwealth Indonesia, Lauren Sulistiawati mengatakan, dengan diselesaikannya proses akuisisi, Bank Commonwealth akan tetap beroperasi sebagai entitas yang berdiri sendiri hingga proses merger.

“Manajemen PTBC berkomitmen untuk memastikan kelancaran proses merger dengan tetap memberikan layanan perbankan yang berkualitas tinggi kepada nasabah. Selain itu, kegiatan bisnis akan tetap berjalan seperti biasa,” kata Lauren.

Dengan selesainya proses pembelian 100% saham Bank Commonwealth merupakan tonggak sejarah penting yang akan memperkuat platform OCBC di Indonesia. Dan menegaskan komitmen Bank OCBC untuk terus maju dalam pertumbuhan jasa keuangan di Indonesia.

Belinda Kosasih/ Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting