Harga Kakao Selasa Berakhir Rebound Tinggi Dari Penurunan Tajam Minggu Lalu

379
kakao, cocoa

(Vibiznews – Commodity) Harga kakao berjangka di bursa komoditi berjangka New York berakhir melonjak tinggi pada hari Selasa karena pulih dari penurunan tajam minggu lalu.

Harga kakao berjangka kontrak bulan Juli 2024 berakhir melonjak 13,47% pada $8.610 per ton.

Volatilitas harga kakao yang terjadi baru-baru ini menyebabkan biaya untuk mempertahankan posisi di kakao berjangka menjadi lebih mahal karena margin meningkat tajam, sehingga mendorong para pedagang untuk menutup perdagangan, sehingga menguras likuiditas dan membuat pasar lebih rentan terhadap perubahan harga yang besar.

Harga kakao mengalami kenaikan yang luar biasa tahun ini ke level tertinggi sepanjang masa pada 19 April karena kekhawatiran pasokan. Harga kakao telah meningkat tajam sejak awal tahun ini, didorong oleh kekurangan pasokan terburuk dalam 40 tahun terakhir.

Produksi kakao yang lebih rendah di Pantai Gading, produsen kakao terbesar di dunia, merupakan faktor kenaikan utama harga kakao. Data pemerintah pada hari Senin menunjukkan bahwa petani Pantai Gading mengirimkan 1,37 MMT kakao ke pelabuhan mulai 1 Oktober hingga 5 Mei, turun 30% dibandingkan waktu yang sama tahun lalu. Trader Ecom Agroindustrial memproyeksikan produksi kakao Pantai Gading pada tahun 2023/24, yang berakhir pada bulan September, akan turun -21,5% y/y ke level terendah dalam 8 tahun sebesar 1,75 MMT.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga kakao dapat meningkat dengan masih rendahnya produksi kakao di Pantai Gading. Harga kakao diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $9.063-$9.516. Namun jika turun, akan bergerak dalam kisaran Support $7.782-$6.954.