Mencermati Data Ekonomi Penting Pekan Ini (10-14 Juni 2024); Berfokus Pada Inflasi AS dan Keputusan Suku Bunga The Fed

676

(Vibiznews – Economy & Business) Pasar investasi global pada pekan ini akan mencermati beberapa data ekonomi penting, dengan fokus pada data inflasi AS bulan Mei dan keputusan suku bunga The Fed bulan Juni.

Pada hari Rabu, 12 Juni 2024 akan dirilis data Inflasi AS bulan Mei, dengan inflasi AS bulan Mei secara bulanan diindikasikan menurun dan inflasi AS bulan Mei secara tahunan diindikasikan stabil.
Sedangkan inflasi inti bulan Mei secara bulanan diindikasikan stabil, dan inflasi inti bulan Mei secara tahunan yang diindikasikan menurun.

Kemudian hari Kamis dinihari, 13 Juni 2024 akan dirilis keputusan suku bunga The Fed, yang diindikasikan akan mempertahankan suku bunga tidak berubah pada 5.5%.
Juga pada hari Kamis akan dirilis data PPI AS bulan Mei yang diindikasikan menurun, dan data PPI inti AS bulan Mei yang diindikasikan menurun juga.

Selanjutnya, Pada hari Jumat, 14 Juni 2024, akan dirilis keputusan suku bunga Bank of Japan (BOJ) bulan April yang diindikasikan stabil.
Juga pada hari Jumat akan dirilis data Michigan Consumer Sentiment AS bulan Juni yang diindikasikan meningkat.

Jika data inflasi AS bulan Mei terealisir menurun dan data PPI bulan Mei terealisir menurun juga, akan memberikan pertimbangan bagi The Fed AS untuk menurunkan suku bunga AS selanjutnya.