Bursa Wall Street Rabu Ditutup Dominan Naik Terpicu Harapan Pemangkasan Suku Bunga AS

116
Bursa Wall Street - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa saham AS berakhir sebagian besar naik pada hari Rabu terdukung penurunan imbal hasil Treasury AS setelah berita ekonomi AS yang lebih lemah dari perkiraan dan mendukung harapan The Fed akan mulai memangkas suku bunga tahun ini.

Indeks S&P 500 ditutup naik +0,51%, Indeks Dow Jones ditutup turun -0,06%, dan Indeks Nasdaq 100 ditutup naik +0,87%.

Indeks saham pada hari Rabu berakhir beragam di sesi singkat liburan ini, dengan S&P 500 dan Nasdaq 100 membukukan rekor tertinggi baru. Indeks saham mengakhiri perdagangan pada pukul 1 siang EST pada hari Rabu dan akan ditutup pada hari Kamis untuk liburan 4 Juli.

Berita pasar tenaga kerja menunjukkan bahwa data ketenagakerjaan ADP bulan Juni naik kurang dari perkiraan, dan klaim pengangguran mingguan yang berkelanjutan naik ke level tertinggi dalam 2-1/2 tahun. Selain itu, aktivitas di sektor jasa AS mengalami kontraksi terbesar dalam 4 tahun pada bulan Juni.

Lemahnya saham-saham perawatan kesehatan defensif membebani Dow Jones Industrials. Faktor bearish lainnya untuk saham adalah berita hari Rabu yang menunjukkan defisit perdagangan AS pada bulan Mei melebar ke level tertinggi dalam 19 bulan, yang merupakan faktor negatif terhadap PDB Q2.

Laporan ketenagakerjaan ADP bulan Juni AS naik +150.000, lebih lemah dari ekspektasi +165.000.

Klaim pengangguran awal mingguan AS naik +4.000 menjadi 238.000, menunjukkan pasar tenaga kerja yang lebih lemah dibandingkan ekspektasi sebesar 235.000. Klaim lanjutan mingguan naik +26.000 ke level tertinggi dalam 2-1/2 tahun sebesar 1,858 juta, menunjukkan pasar tenaga kerja yang lebih lemah dibandingkan ekspektasi sebesar 1,840 juta.

Defisit perdagangan AS pada bulan Mei melebar ke level tertinggi dalam 19 bulan sebesar -$75,1 miliar dari -$74,5 miliar pada bulan April.

Pesanan pabrik AS bulan Mei secara tak terduga turun -0,5% bulan/bulan, lebih lemah dari ekspektasi +0,2% bulan/bulan dan penurunan terbesar dalam 4 bulan.

Indeks jasa ISM bulan Juni AS turun -5,0 menjadi 48,8, lebih lemah dari ekspektasi 52,7 dan laju kontraksi paling tajam dalam 4 tahun.

Risalah pertemuan FOMC pada 11-12 Juni menunjukkan bahwa para pejabat tidak memperkirakan akan tepat untuk menurunkan suku bunga sampai informasi tambahan muncul untuk memberi mereka keyakinan lebih besar bahwa inflasi berada di jalur yang tepat untuk mencapai target 2%.

Pasar memperkirakan kemungkinan penurunan suku bunga sebesar -25bp sebesar 9% pada pertemuan FOMC berikutnya pada 30-31 Juli dan 70% pada pertemuan berikutnya pada 17-18 September.

Saham Paramount Global (PARA) ditutup naik lebih dari +6% menjadi pemimpin peraih keuntungan di S&P 500 setelah Bloomberg News melaporkan bahwa Skydance Media telah mencapai kesepakatan awal untuk membeli National Amusements dan bergabung dengan Paramount.

Tesla (TSLA) ditutup naik lebih dari +6% untuk memimpin peraih keuntungan di Nasdaq 100 setelah Bank of America Global Research menaikkan target harga sahamnya menjadi $260 dari $220.

Saham pertambangan naik pada hari Rabu setelah harga emas, perak, dan tembaga melonjak tajam ke level tertinggi 1-1/2 minggu. Hasilnya, Newmont (NEM) ditutup naik lebih dari +4%, dan Freeport McMoRan (FCX) ditutup naik lebih dari +3%.

Penurunan tajam imbal hasil obligasi pada hari Rabu mendorong saham-saham chip. Nvidia (NVDA) dan Broadcom (AVGO) ditutup naik lebih dari +4%. Selain itu, Micron Technology (MU) ditutup naik lebih dari +3%, dan ASML Holding NV (ASML) dan ARM Holdings Plc (ARM) ditutup naik lebih dari +2%. Selain itu, Microchip Technology (MCHP), KLA Corp (KLAC), Qualcomm (QCOM), dan Applied Materials (AMAT) ditutup naik lebih dari +1%.

Quest Diagnostics (DGX) ditutup naik lebih dari +2% setelah setuju untuk membeli LifeLabs dari Omers dengan harga sekitar C$1,35 miliar, termasuk utang bersih.

Permian Resources (PR) ditutup naik lebih dari +2% setelah BMO Capital Markets mengupgrade sahamnya agar berkinerja lebih baik dari kinerja pasar dengan target harga $21.

Saham-saham layanan kesehatan defensif melemah pada hari Rabu. Humana (HUM) ditutup turun lebih dari -3%, dan UnitedHealth Group (UNH) ditutup turun lebih dari -1% memimpin penurunan di Dow Jones Industrials. Selain itu, Elevance Health (ELV) dan Cardinal Health (CAH) ditutup turun lebih dari -1%.

Saham terkait mata uang kripto bergerak lebih rendah pada hari Rabu setelah harga Bitcoin (^BTCUSD) turun lebih dari -2% ke level terendah 1 minggu. Akibatnya, Coinbase Global (COIN), Marathon Digital (MARA), MicroStrategy (MSTR), dan Riot Platforms (RIOT) ditutup turun lebih dari -1%.

Simulasi Plus (SLP) ditutup turun lebih dari -15% setelah memotong perkiraan EPS terdilusi tahun 2024 menjadi 46 sen-48 sen dari perkiraan bulan Juni sebesar 54 sen-56 sen dan setelah Dewan Direksi perusahaan mengatakan akan menghentikan dividen tunai triwulanan .

Azek Co. (AZEK) ditutup turun lebih dari -2% setelah D.A. Davidson menurunkan peringkat saham menjadi netral dari beli.

Charter Communications (CHTR) ditutup turun lebih dari -1% setelah Citigroup menurunkan peringkat saham menjadi dijual dari netral dengan target harga $255.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya hari Jumat setelah libur 4 Juli hari Kamis, bursa Wall Street akan mencermati data Non Farm Payrolls bulan Juni, yang jika terealisir turun akan memicu sentimen The Fed menurunkan suku bunganya tahun ini, dan akan menguatkan bursa Wall Street.