Indeks Nikkei Jumat Ditutup Tidak Berubah Menantikan Data Tenaga Kerja AS

70
indeks nikkei

(Vibiznews – Index) Indeks Nikkei Jepang pada akhir pekan hari Jumat tidak berubah, turun sedikit dari level tertinggi sepanjang masa karena kehat-hatian menjelang laporan ketenagakerjaan AS dan memantau perkembangan politik dalam pemilihan parlemen di Inggris dan Perancis yang menjadi pusat perhatian.

Indeks Nikkei 225 tidak berubah pada level 40,912 sementara Indeks Topix turun 0,49% menjadi 2,884.

Investor juga mencerna data yang menunjukkan pengeluaran pribadi di Jepang secara tak terduga menurun pada bulan Mei yang merupakan pukulan terhadap tujuan bank sentral dalam mewujudkan “siklus baik” kenaikan upah dan harga.

Sementara itu, yen menguat setelah jatuh ke posisi terendah baru dalam 38 tahun awal pekan ini karena adanya risiko intervensi.
Penurunan signifikan terlihat dari indeks kapital besar seperti Disco Corp (-2.1%), Toyota Motor (-2.1%), Advantest (-2.1%), Kawasaki Kisen (-2.5%) dan Hitachi (-0.4%).

Namun, indeks Nikkei dan Topix menguat 3,4% dan 2,7% untuk minggu ini.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya minggu depan, indeks Nikkei akan mencermati rilis data tenaga kerja AS akhir pekan, yang jika terealisir turun akan memicu sentimen penurunan suku bunga AS bulan September, yang akan dapat menekan bursa Wall Street dan juga indeks Nikkei.