Harga Minyak Senin Berakhir Turun Terendah Sebulan Terpicu Pelemahan Permintaan

91

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak berakhir turun pada hari Senin dan mencapai level terendah dalam lebih dari sebulan, terpicu peningkatan pasokan dan tanda-tanda lemahnya permintaan.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS untuk pengiriman Agustus yang berakhir pada hari Senin, ditutup turun 35 sen, atau 0,44%, menjadi $79,78 per barel.

Kontrak berjangka WTI untuk pengiriman September ditutup turun 24 sen atau 0,31% menjadi $78,40.

Harga minyak mentah berjangka Brent kontrak September ditutup turun 0,42%, menjadi $82,16 per barel.

Pasar mencermati keputusan Biden dengan tenang dan juga mengabaikan meningkatnya ketegangan di Timur Tengah dan fokus pada prospek teknis yang lemah, persediaan yang melimpah, dan permintaan yang lemah.

Meskipun pasar minyak terlihat ketat saat ini, pasar diperkirakan akan mencapai keseimbangan pada kuartal keempat tahun ini dan surplus pada tahun depan, sehingga mendorong harga Brent ke kisaran $70-an pada tahun 2025, menurut para analis.

Presiden AS Joe Biden memutuskan mundur dari pencalonan Presiden AS pada hari Minggu dan mendukung Wakil Presiden Kamala Harris sebagai calon dari Partai Demokrat yang harus menghadapi Donald Trump dari Partai Republik dalam pemilu November.

Kebijakan energi kemungkinan akan menjadi pokok perdebatan utama antara Harris dan Trump, namun analis yakin keduanya tidak akan mendukung kebijakan yang memiliki dampak ekstrem terhadap operasi minyak dan gas sebagai posisi inti.

Di tempat lain, negara importir minyak terbesar Tiongkok mengejutkan pasar dengan menurunkan suku bunga kebijakan jangka pendek dan suku bunga pinjaman acuan untuk meningkatkan perekonomiannya, namun langkah tersebut gagal mendukung harga minyak.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga minyak akan mencermati pergerakan dolar AS, yang jika melemah dengan prospek penurunan suku bunga AS, akan menguatkan harga minyak. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $77,59-$76,78. Namun jika naik, akan bergerak dalam kisaran Resistance $79,17-$79,94.