Non Farm Payrolls dan Tingkat Penghasilan AS Juli Melambat; Tingkat Pengangguran AS Meningkat

338

(Vibiznews – Economy & Business) Pertumbuhan lapangan kerja di AS melambat jauh lebih dari yang diperkirakan selama bulan Juli dan tingkat pengangguran meningkat, memicu kekhawatiran akan perlambatan ekonomi yang lebih luas, Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan pada hari Jumat.

Non Farm Payrolls AS menambah 114 ribu lapangan kerja pada bulan Juli 2024, jauh di bawah angka 179 ribu pada bulan Juni dan perkiraan 175 ribu. Angka ini juga merupakan level terendah dalam tiga bulan, di bawah rata-rata kenaikan bulanan sebesar 215 ribu selama 12 bulan sebelumnya, yang menandakan bahwa pasar tenaga kerja sebenarnya sedang mendingin.

Pada bulan Juli, tren peningkatan lapangan kerja terus berlanjut di bidang perawatan kesehatan (55 ribu); konstruksi (25 ribu); transportasi dan pergudangan (14 ribu); dan bantuan sosial (9 ribu).

Lapangan kerja juga meningkat di sektor pemerintah (17 ribu) meskipun telah melambat dalam beberapa bulan terakhir.
Sementara itu, kehilangan lapangan kerja terjadi di sektor informasi (-20 ribu). Sementara penggajian sedikit berubah di sektor pertambangan, penggalian, dan ekstraksi minyak dan gas; manufaktur; perdagangan grosir; perdagangan eceran; kegiatan keuangan; layanan profesional dan bisnis; rekreasi dan perhotelan; dan layanan lainnya.

Sedangkan tingkat pengangguran di AS naik menjadi 4,3% pada bulan Juli 2024 dari 4,1% pada bulan sebelumnya, tertinggi sejak Oktober 2021, dan di atas ekspektasi pasar yang memperkirakan angka tersebut akan tetap di angka 4,1%. Sementara itu, tingkat partisipasi angkatan kerja naik tipis menjadi 62,7% dari 62,6%.

Penghasilan rata-rata per jam, barometer inflasi yang diawasi ketat, meningkat 0,2% untuk bulan tersebut dan 3,6% dari tahun lalu. Kedua angka tersebut di bawah perkiraan masing-masing sebesar 0,3% dan 3,7%.

Penghasilan rata-rata per jam untuk semua karyawan di sektor Non Farm Payrolls swasta AS meningkat sebesar 8 sen, atau 0,2%, menjadi $35,07 pada bulan Juli 2024, setelah kenaikan sebesar 0,3% pada bulan sebelumnya dan sedikit di bawah perkiraan pasar sebesar 0,3% kenaikan. Pada bulan Juli, penghasilan rat-rata per jam karyawan produksi sektor swasta dan karyawan nonpengawas meningkat sebesar 9 sen, atau 0,3%, menjadi $30,14.

Selama 12 bulan terakhir, penghasilan rata-rata per jam telah meningkat sebesar 3,6% pada bulan Juli, paling rendah sejak Mei 2021, setelah direvisi turun sebesar 3,8% pada bulan Juni dan di bawah perkiraan kenaikan sebesar 3,7%.

Pasar pada hari Rabu menyambut baik sinyal The Fed untuk pemotongan suku bunga dapat dilakukan segera setelah September. Namun hal itu dengan cepat berubah menjadi kegelisahan ketika data ekonomi pada hari Kamis menunjukkan lonjakan tak terduga dalam pengajuan tunjangan pengangguran dan melemahnya sektor manufaktur lebih lanjut. Hal ini memicu aksi jual terburuk tahun ini di Wall Street.

Meskipun ada beberapa kecemasan atas keadaan pertumbuhan ekonomi, Ketua Fed Jerome Powell pada hari Rabu menyatakan keyakinannya tentang ekonomi yang “solid” dan mengatakan data inflasi yang mereda meningkatkan keyakinan bahwa bank sentral dapat segera memangkas suku bunga.

Pasar telah memperhitungkan sepenuhnya penurunan suku bunga setidaknya seperempat poin persentase pada masing-masing dari tiga pertemuan Fed yang tersisa tahun ini. Peluangnya semakin besar bahwa Fed bahkan akan melakukan lebih dari sekadar penurunan seperempat poin.