Indeks Wall Street Awal Pekan Berakhir Mixed, Dow Jones Dekati Posisi Rekor

123
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) – Perdagangan bursa saham AS awal pekan yang berakhir Selasa dinihari (27/8/2024) alami pergerakan indeks yang mixed oleh aksi ambil untung.

Terjadi aksi ambil untung pada awal sesi setelah pekan lalu cetak gain yang kuat, namun hanya Dow Jones yang berhasil naik kembali ke zona positif.

Dow Jones ditutup dekati posisi rekor tinggi dengan naik 0,2% pada 41.240,52, Nasdaq turun 0,9% menjadi 17.725,77 dan S&P 500 turun  0,3% pada 5.616,84.

Penguatan moderat  Dow Jones diperoleh dari kenaikan kuat saham 3M Co., Coca-Cola  dan Walt Disney.

Sedangkan Nasdaq dibebani oleh anjlok cukup dalam dari  saham semikonduktor  dengan Philadelphia Semiconductor Index anjlok hingga 2,5%.

Saham semikonduktor yang membebani adalah saham Nvidia merosot hingga 2,3% menjelang rilis hasil fiskal kuartal kedua pada hari Rabu.

Saham perangkat keras komputer juga membebani Nasdaq dengan NYSE Arca Computer Hardware Index turun hingga 1,3%.

Penguatan Dow Jones juga menerima sumbangan dari saham-saham jasa minyak pasca lonjakan harga minyak  setelah Israel dan Hizbullah saling serang di perbatasan Lebanon.

Dari laporan ekonomi, dilaporkan data pesanan baru untuk barang tahan lama buatan AS pada bulan Juli alami  peningkatan tajam. Data melonjak  9,9% pada Juli setelah jatuh  6,9% pada bulan Juni.