Terdesak Aksi Ambil Untung, Harga Gula Berjangka Berakhir Melemah Pekan Lalu

930

Harga gula berjangka mengakhiri perdagangannya Sabtu dini hari lalu di teritori negatif (26/10). Di akhir sesi perdagangan harga komoditas ini retreat setelah sempat melonjak hingga mencapai posisi paling tinggi sejak bulan Mei yang lalu. Aksi ambil untung menjadi penyebab utama penurunan harga komoditas ini.

Salah satu penyebab melemahnya harga gula berjangka tidak lepas dari kenaikan nilai tukar dollar. Secara fundamental harga komoditas ini masih berpotensi untuk melanjutkan trend bullish. Aksi beli yang terjadi akibat bargain hunting dan potensi penurunan pasokan menjaga harga bertahan dalam trend bullish.

Aksi beli yang dilakukan para spekulan masih menjadi support yang cukup kuat di pasar gula berjangka. Produksi gula di Brazil juga tampak sedang mengalami penurunan. Pasalnya para produsen tebu lebih memilih untuk mengalihkan produksinya ke ethanol. Kondisi cuaca yang kurang baik juga mengakibatkan produksi tebu berkurang.

Pada penutupan perdagangan Kamis dini hari tadi harga gula berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu kontrak Maret 2016 terpantau mengalami penurunan yang signifikan. Harga gula berjangka paling aktif tersebut ditutup melemah sebesar 0,32 sen atau setara dengan  2,19 persen pada posisi 14,28 sen per pon.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga gula kasar berjangka di New York  pada perdagangan selanjutnya masih akan dipengaruhi oleh pergerakan harga minyak mentah dan dollar AS. Secara teknikal pergerakan harga komoditas ini masih berada dalam trend menguat untuk jangka pendek, menengah dan panjang.

Harga gula kasar berjangka di ICE Futures New York berpotensi mengetes level support pada posisi 13,89 sen dan 13,30 sen. Sedangkan level resistance yang akan dites jika terjadi peningkatan harga ada pada posisi  14,93 sen dan 15,50 sen per pon.

 

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here