Keuntungan Bisnis GGRM Naik Mantap, Sahamnya Lanjut Rally

559

Industri rokok tanah air  masih tetap kuat ditengah lesunya ekonomi hingga kuartal ketiga lalu, hal ini terlihat dari penjualan rokok PT Gudang Garam Tbk (GGRM) yang terus meningkat pada kuartal ketiga lalu jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2014 meski   harus menutup gudangnya untuk tahun ini atau menghentikan pembelian bahan bakunya dari petani sejak bulan lalu.

Pada periode Q3 lalu GGRM berhasil mencetak keuntungan dari  laba tahun 2014  oleh prestasi penjualan rokoknya yang sempat menurun. Akibat kinerja keuntungan yang lumayan inilah harga saham GGRM pada perdagangan kemarin (4/11) berakhir naik dengan lonjakan tinggi hingga 7,6 persen.

Laba bersih yang diterima GGRM sebesar Rp4,11 triliun atau Rp2.135 per saham, sedangkan laba bersih pada Q3 2014 hanya  Rp4,04 triliun atau Rp2.101 per saham. Peningkatan kinerja ini disumbang paling banyak oleh penjualan rokoknya yang melonjak mencapai Rp51,01 triliun.

Hasil penjualan rokok inilah yang meredam tingginya beban pokok dan keuangan perseroan pada kuartal ketiga lalu.  Kinerja keuangan ini juga yang menopang bertambahnya aset perusahaan hingga  Rp59,34 triliun dari aset tahun 2014 yang hanya  Rp58,22 triliun. 

Melihat pergerakan saham di bursa saham hari Kamis  (5/11), GGRM sudah dibuka pada harga 48200 dan kini saham sedang bergulir turun  pada kisaran 47950  dengan volume saham yang baru diperdagangkan sekitar 3000 lot saham.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham GGRM berhasil rally memangkas pelemahan sebeulan terakhir, kini terpantau indikator MA sudah bergerak naik sedikit dan indikator Stochastic mulai bergerak naik di area jenuh belinya.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak naik  didukung oleh +DI yang bergerak naik yang menunjukan pergerakan GGRM dalam lanjutan rally. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, diprediksi   rekomendasi trading pada target level support di level 44416 hingga target resistance di level 48700.

 

 

 

Joel/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here