Kinerja Keuangan Q3 Merosot, Laju Saham RALS Sulit Dilakukan

524

Meskipun PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) sudah berupaya mendongkrak nilai sahamnya dengan melakukan buyback sejumlah Rp 36,5 miliar dari anggaran awal sebesar Rp400 miliar, sepertinya akan alami kesulitan untuk mendongkrak kembali sahamnya seperti periode awal bulan Oktober lalu.

Pasalnya secara fundamental, kinerja keuangan Q3 perseroan ini merosot dibandingkan dengan kinerja tahun lalu periode yang sama. Pada periode tersebut RALS hanya meraih laba sebesar Rp304,48 miliar atau Rp43,29 per saham sedangkan tahun 2014 lalu bisa mencapai  sebesar Rp339,72 miliar atau Rp47,88 per saham.

Demikian juga dengan aset perusahaan per akhir bulan September lalu, yang drop hingga 1,5 persen lebih sehingga aset salah satu perusahaan ritel besar di tanah air ini hanya Rp4,48 triliun dari  aset  tahun 2014 sekitar Rp4,5  triliun.

Menurunnya kinerja keuangan pemilik departemen store yang menyebar disemua provinsi selain dipicu oleh turunnya pendapatan seiring lesunya minat  belanja konsumen juga disebabkan meningkatnya beban keuangan  perusahaan dalam periode tersebut meski beban lainnya berhasil ditekan.

Pendapatan RALS hanya Rp4,27 triliun sedangkan beban keuangan yang harus ditanggung   RALS dari dari Rp64,28 miliar menjadi Rp86,10 miliar.

Untuk pergerakan sahamnya pada Senin (9/11/15) saham RALS dibuka di posisi 710 setelah pada penutupan perdagangan sebelumnya berada pada level yang sama. Sore ini saham bergerak turun dalam kisaran 710-690 dengan volume perdagangan saham baru mencapai 38 ribu  lot saham.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham RALS   pekan lalu berhasil rally namun kini terpantau indikator MA masih  bergerak naik dan  indikator Stochastic mulai bergerak ke area jenuh beli.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak datar didukung oleh +DI yang turun  yang menunjukan pergerakan RALS dalam potensi dalam tekanan. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, diprediksi rekomendasai trading pada target level support di level Rp690 hingga target resistance di level Rp725.

 

 

Joel/VMN/VBN/Senior  Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here