Harga CPO Naik Tipis Dibantu Pelemahan Ringgit

402

Harga CPO di bursa komoditas Malaysia pada perdagangan Kamis (12/11) terpantau rebound. Harga komoditas ini berbalik menguat setelah pada perdagangan kemarin melemah tertekan kenaikan harga minyak dunia.

Kenaikan harga CPO hari ini didukung oleh pelemahan nilai tukar ringgit terhadap dollar AS. Terpantau siang ini Dollar AS menguat terhadap Malaysia Ringgit sebesar 0,34%.

Pelemahan ringgit menjadikan harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang tersebut menjadi relatif lebih murah bagi pembeli luar negeri sehingga permintaannya meningkat.

Harga CPO kontrak paling aktif di bursa komoditas Malaysia hari ini tampak mengalami kenaikan. Harga kontrak Januari 2016 yang merupakan kontrak paling aktif menguat sebesar 2 ringgit pada posisi 2.332 ringgit per ton.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga CPO berjangka pada perdagangan selanjutnya masih berpotensi untuk melanjutkan trend menguatnya. Pergerakan harga masih akan dipengaruhi oleh pergerakan mata uang ringgit dan kondisi permintaan dan pasokan global. Harga minyak mentah juga memberikan pengaruh kuat terhadap pergerakan harga CPO.

Harga CPO berjangka kontrak Juli di bursa komoditas Malaysia berpotensi mengetes level support pada posisi 2.300 ringgit dan 2.270 ringgit. Sedangkan level resistance yang akan dites jika terjadi kenaikan lanjutan ada pada posisi 2.370 ringgit dan 2.400 ringgit.

 

Freddy/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here