Bursa Wall Street Akhir Pekan Mengesankan, Bukukan Kenaikan Mingguan Lebih 3%

1215

Bursa Wall Street ditutup lebih tinggi pada penutupan perdagangan pekan lalu, dibantu oleh keuntungan di saham ritel, karena investor memandang berbagai komentar pejabat gubernur bank sentral terkait kebijakan moneter.

Rata-rata indeks utama berakhir pekan dengan keuntungan lebih dari 3 persen. S & P 500 berakhir pekan dengan keuntungan dari 3,27 persen, minggu terbaik sejak satu berakhir 24 Oktober 2014.

Dow Jones Industrial Average ditutup sekitar 91 poin lebih tinggi, dari sesi tertinggi pada sekitar 181 poin.

Wakil Ketua Fed, Stanley Fischer mengatakan setelah Kamis menyatakan bahwa kebijakan suku bunga AS bisa pindah dari mendekati nol  “dalam waktu yang relatif dekat.”

Presiden Fed New York, William Dudley mengatakan Fed masih memiliki waktu untuk memutuskan tentang kenaikan suku bunga Desember, menurut laporan Dow Jones. Dia menambahkan bank sentral akan segera mencapai tujuan yang ditetapkan untuk lepas landas tapi waktunya masih tergantung data dan dia berharap untuk melihat bukti kenaikan inflasi segera.

Presiden Fed St Louis, James Bullard mengatakan dalam sebuah laporan Reuters pada Jumat, bahwa bank sentral akan kembali ke era di mana ada lebih ketidakpastian suku bunga bergerak pada pertemuan demi pertemuan setelah kenaikan suku bunga awal. Dia menambahkan laju pengetatan kebijakan moneter harus bergantung data.

Dow Jones Industrial Average ditutup naik 91,06 poin, atau 0,51 persen, ke 17,823.81, dengan kenaikan tertinggi saham Nike, sementara saham Chevron mengalami penurunan terbesar.

Secara mingguan, indeks Dow Jones berakhir membukukan kenaikan 3,35 persen, minggu terbaiknya dalam enam minggu, dengan Nike sebagai pemenang terbesar dan DuPont dan Pfizer yang terendah pada pekan ini.

S & P 500 ditutup naik 7,93 poin, atau 0,38 persen, pada 2,089.17, dengan sektor konsumen diskresioner memimpin enam sektor yang lebih tinggi, sementara sektor energi yang alami penurunan terbesar.

Secara mingguan, indeks S&P 500 membukukan minggu yang terbaik untuk tahun ini dengan keuntungan sebesar 3,27 persen, dengan sektor konsumen memimpin semua 10 sektor yang lebih tinggi dengan keuntungan 4,5 persen untuk minggu ini.

Indeks komposit Nasdaq ditutup naik 31,28 poin, atau 0,62 persen, pada 5,104.92.

Indeks Nasdaq berakhir pekan dengan membukukan keuntungan mingguan 3,59 persen, terbaik dalam empat bulan. Saham Apple ditutup dengan keuntungan sebesar 6,2 persen dan Nasdaq iShares Bioteknologi ETF (IBB) naik 3 persen.

Dalam berita pendapatan, Foot Locker mencatat hasil kuartalan yang melampaui ekspektasi. Peningkatan penjualan toko yang sama dari 8,7 persen jauh di atas perkiraan analis dari kenaikan 6,2 persen. Saham ditutup naik lebih dari 5,5 persen.

Abercrombie & Fitch naik 25 persen setelah perusahaan mengatakan meraih pendapatan saham yang disesuaikan 37 sen per saham untuk kuartal terbaru, jauh di atas perkiraan 22 sen. Pendapatan juga mengalahkan ekspektasi. Penjualan toko yang sama turun 1 persen, lebih kecil dari penurunan 2,3 persen diantisipasi oleh analis. Abercrombie mengatakan manfaat dari diskon yang lebih sedikit, meskipun mengharapkan kegiatan promosi berat di industri selama musim belanja liburan.

Toko Ross ditutup naik 10 persen setelah laba melampaui ekspektasi dan pendapatan datang sangat sedikit di atas perkiraan. Toko penjualan sebanding naik 3 persen. Perusahaan pengecer pemberi diskon mengatakan melihat laba kuartal saat ini sedikit di bawah perkiraan karena promosi tinggi musim liburan.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here