Harga Timah Terdorong Penguatan Harga Emas

592

Harga timah di bursa Malaysia berbalik rebound pada sesi perdagangan Rabu ini (25/11). Harga timah kembali naik mantap masih disebabkan oleh timbulnya kekhawatiran para investor mengenai pasokan dari dalam negeri. Aksi beli kembali ke pasar juga didukung oleh aksi short covering.

Lonjakan yang dialami oleh harga emas membantu peningkatan harga timah di bursa komoditas Malaysia hari Rabu ini. Harga emas spot LLG pada akhir perdagangan dini hari tadi ditutup naik 0,5 persen pada 1074.86 dollar per troy ons, terdorong pelemahan dollar akibat ketegangan Rusia-Turki paska jatuhnya pesawat Rusia

Sepanjang kuartal ketiga tahun ini harga logam industri mengalami penurunan yang signifikan. Harga logam industri termasuk timah memang sedang mengalami tekanan jual yang kuat. Perlambatan ekonomi Tiongkok membuat negara konsumen logam industri global tersebut terpaksa menurunkan permintaannya.

Harga timah di bursa komoditas Malaysia terpantau mengalami kenaikan siang ini. Harga logam industri ini diperdagangkan pada posisi 14.400 dollar per ton, naik sebesar 50 dollar.

Di akhir perdagangan bursa LME Rabu dini hari tadi harga timah berjangka untuk kontrak 3 bulan ke depan juga terpantau alami penurunan . Harga komoditas tersebut ditutup turun sebesar 0,02 persen dan berakhir di posisi 14.205  dollar per ton. 

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga timah Malaysia pada perdagangan selanjutnya untuk jangka pendek akan mencoba mempertahankan penguatan menghadapi level resistance di posisi 14.600 dollar dan 14.800 dollar. Akan tetapi jika terjadi retreat dan melemah harga tembaga akan menghadapi level support di 14.200 dollar dan 14.000 dollar.

 

 

 

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here