Akhir Indeks Hang Seng Mengikuti Anjloknya Indeks Shanghai

437

Pada penutupan perdagangan Jumat (27/11), indeks Hang Seng di Bursa Hongkong ditutup turun tajam -420,62 poin atau -1,87% pada 22,068.32. Pelemahan tajam bursa Hongkong mengikuti ajloknya bursa Tiongkok sebesar -5,48% yang tertekan aksi jual investor yang merespon tindakan penyelidikan oleh badan pengawas sekuritas Tiongkok terhadap beberapa perusahaan yang melanggar peraturan.

Lihat : Pergerakan Negatif Bursa Hongkong Mengikuti Bursa Shanghai

Pada sepanjang perdagangan hingga penutupan di bursa Tiongkok, terjadi aksi jual yang signifikan sebagai akibat dari penyelidikan oleh badan pengawas sekuritas Tiongkok terhadap beberapa broker yang melanggar peraturan.

Saham perusahaan sekuritas Tiongkok mengalami pukulan yang besar. Saham-saham Citic Securities, Founder Securities, dan China Merchants menutup pada 10.1, 10, dan 9,98 persen lebih rendah setelah berita pecah bahwa China Securities Regulatory Commission (CSRC) telah meluncurkan penyelidikan terhadap perusahaan-perusahaan ini untuk menyingkirkan aksi short selling dan spekulasi .

Sebelumnya pada hari itu, Citic mengumumkan menerima pemberitahuan resmi dari China Securities Regulatory Commission (CSRC) yang berada di bawah penyelidikan, bersama dengan Guosen Securities, karena melanggar undang-undang sekuritas. Saham Guosen juga jatuh, menutup 10 persen lebih rendah dalam perdagangan sore.

Reuters kemudian melaporkan bahwa Haitong Securities, yang sahamnya dihentikan dari perdagangan, juga sedang diselidiki oleh CSRC untuk dugaan pelanggaran peraturan sekuritas. Awal tahun ini, perusahaan didenda 86 juta yuan ($ 13.5 juta) karena melanggar peraturan sekuritas.

Sementara itu, data yang dirilis Biro Statistik Nasional Tiongkok pada Jumat pagi menunjukkan keuntungan industri Tiongkok bulan Oktober merosot 4,6 persen pada laju tahunan karena turunnya penjualan dan meningkatnya biaya, serta keuntungan kecil di sektor pertambangan dan bahan baku, memberikan kontribusi untuk penurunan.

Pada penutupan perdagangan hari ini di bursa Hongkong, saham-saham yang menjadi pemberat indeks Hang Seng adalah saham China Resources Land Ltd yang turun -4,58%, saham China Shenhua Energy Co Ltd yang turun -4,56%, saham China Petroleum & Chemical Corp yang turun -4,23%, saham Sino Land Co Ltd yang turun -4,22%, saham Cathay Pacific Airways Ltd yang turun -4,08%.

Sementara pergerakan indeks berjangka Hang Seng alami penurunan tajam juga, turun signifikan sebesar -313 poin atau -1,39% pada 22.212 dari posisi penutupan diakhir perdagangan bursa saham sebelumnya pada posisi 22.525.

Pada perdagangan selanjutnya senin mendatang, akan dirilis data Retail Sales (YoY) Oktober, yang diperkirakan akan berada pada posisi -2,8%, meningkat dari hasil sebelumnya pada -3,1%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan indeks Hangseng selanjutnya akan bergerak melemah terbatas merespon perkembangan ekonomi Tiongkok yang mengecewakan. Sekalipun data Retail Sales Hongkong positif, namun hanya akan menahan penurunan tidak terlalu jauh. Indeks Hang Seng diperkiraan akan bergerak pada kisaran Support pada 21.776-21.582, dan kisaran Resistance pada 22.275-22.441.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here