Lemahnya Ringgit Kembali Angkat Harga CPO

745

Harga CPO di bursa komoditas Malaysia pada perdagangan Jumat (27/11) terpantau mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Harga komoditas ini melanjutkan penguatan setelah pada perdagangan kemarin juga alami penguatan dengan melemahnya mata uang Ringgit.

Kenaikan harga CPO hari ini didukung oleh pelemahan nilai tukar ringgit terhadap dollar AS. Saat ini terpantau kurs pasangan mata uang USDMYR menguat positif 0,30% pada 4.2350. Hal ini berarti kurs Ringgit mengalami pelemahan terhadap dollar AS.

Pelemahan ringgit menjadikan harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang tersebut menjadi relatif lebih murah bagi pembeli luar negeri sehingga permintaannya meningkat.

Harga CPO kontrak paling aktif di bursa komoditas Malaysia hari ini tampak mengalami kenaikan. Harga kontrak Februari 2016 yang merupakan kontrak paling aktif menguat sebesar 24 ringgit pada posisi 2.365 ringgit per ton, naik dari posisi penutupan perdagangan kemarin pada 2.341 ringgit per ton.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga CPO berjangka pada perdagangan selanjutnya masih berpotensi untuk melanjutkan trend menguatnya. Pergerakan harga masih akan dipengaruhi oleh pergerakan mata uang ringgit dan kondisi permintaan dan pasokan global. Harga minyak mentah juga memberikan pengaruh kuat terhadap pergerakan harga CPO.

Harga CPO berjangka kontrak Januari 2016 di bursa komoditas Malaysia berpotensi mengetes level support pada posisi 2.315 ringgit dan 2.265 ringgit. Sedangkan level resistance yang akan dites jika terjadi kenaikan pada posisi 2.415 ringgit dan 2.465 ringgit.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here