Harga Karet Tocom Turun Tertekan Penguatan Yen

1745

Harga karet Tocom pada perdagangan Senin siang (04/01) mengalami penurunan. Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu Juni 2016 melemah disebabkan kondisi mata uang yen yang mengalami penguatan terhadap dollar AS.

Mata uang Jepang ini terpantau mengalami peningkatan hampir 1% saat ini berada pada level 119.38 per dollar AS. Peningkatan Yen didorong hasil Nikkei Manufacturing PMI Desember yang naik dari ekpektasi.

Kenaikan nilai tukar yen Jepang membuat harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang ini menjadi relatif lebih mahal bagi para pembeli luar negeri. Dampaknya permintaan akan komoditas ini mengalami penurunan.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Juni 2016 siang ini berada pada posisi 152.8 yen per kilogram. Harga karet alami berjangka mengalami penurunan sebesar -6,2 yen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya pada 159,0 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan selanjutnya berpotensi untuk kembali melemah. Momentum usai liburan dimana pasar masih memanfaatkan aset safe haven termasuk yen Jepang dan hasil PMI Manufaktur yang positif cenderung menguatkan Yen. Demikian juga potensi pelemahan minyak mentah masih ada.

Untuk sesi perdagangan hari ini harga diperkirakan akan menemui level support di posisi 148,00 yen. Support selanjutnya ada di 143,00 yen. Sementara itu harga akan menemui resistance di posisi 158,00  yen dan 163,00  yen.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here