Penjualan Batubara 2015 Meningkat, Saham Rebound dan Masuk Top Gainers

487

Setelah anjlok cukup parah diawal perdagangan saham tahun 2016, pergerakan saham PT Bukit Asam Tbk (PTBA) alami rebound dan masuk jajaran saham top gainers hari ini.  dari perdagangan akhir tahun lalu yang disebabkan aksi jual saham asing cukup besar hingga Rp156 miliar. Melihat kinerja saham PTBA yang menutup perdagangan pekan terakhir tahun 2015 dengan   pelemahan, sepanjang tahun 2015 pergerakan saham emiten yang IPO sejak  Desember 2012 alami penurunan saham hingga 63 persen dibandingkan tahun 2014.

Secara fundamental,  volume penjualan batubara PTBA berhasil bertumbuh dan meningkat hingga 19,7 juta ton atau naik 7% dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 17,96 juta ton. Penjualan paling besar didapat dari penjualan lokal (53%) dan selebihnya ekspor.

Untuk pergerakan sahamnya di lantai perdagangan bursa saham hari Selasa  (05/01), saham PTBA dibuka pada posisi 4330 dan penutupan perdagangan sebelumnya berada pada level 4335. Saham hari ini bergerak dalam kisaran 4535-4330 dengan volume perdagangan saham mencapai  48  ribu lot saham.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham PTBA pekan lalu terpantau dengan posisi  indikator MA  bergerak turun  dengan indikator Stochastic  bergerak turun  di area jenuh jual.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak naik    dengan  +DI yang  bergerak turun  menunjukan pergerakan PTBA dalam penguatan terbatas. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, diprediksi rekomendasi trading pekan ini pada target level support di level Rp4285  hingga target resistance di level Rp4590.

 

 

 

Lens Hu/VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asidoe Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here