Kekuatan Yen Menekan Harga Karet Tocom

485

Harga karet Tocom pada perdagangan Rabu pagi (06/01) mengalami pelemahan. Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu Juni 2016 melemah disebabkan kondisi mata uang yen yang mengalami penguatan terhadap dollar AS.

Pagi ini terpantau mata uang Yen Jepang mengalami peningkatan 0,48% saat ini berada pada level 118.49 per dollar AS. Peningkatan Yen kemungkinan didorong oleh arus safe haven, di saat kondisi pasar yang tidak jelas dan tertekan.

Kenaikan nilai tukar yen Jepang membuat harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang ini menjadi relatif lebih mahal bagi para pembeli luar negeri. Dampaknya permintaan akan komoditas ini mengalami penurunan.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Juni 2016 pagi ini berada pada posisi 148.2 yen per kilogram. Harga karet alami berjangka mengalami penurunan sebesar -2,4 yen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya pada 150,6 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan selanjutnya berpotensi untuk kembali melemah. Momentum memanfaatkan aset safe haven di tengah kekuatiran pasar terhadap pertumbuhan ekonomi global diperkirakan masih berlangsung. Demikian juga potensi pelemahan minyak mentah masih ada.

Untuk sesi perdagangan hari ini harga diperkirakan akan menemui level support di posisi 143,00 yen. Support selanjutnya ada di 138,00 yen. Sementara itu harga akan menemui resistance di posisi 153,00  yen dan 158,00  yen.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here