Harga Kakao ICE Menguat Dengan Harapan Kenaikan Penggilingan Eropa

696

Harga kakao berjangka ICE Futures menguat pada akhir perdagangan Kamis dinihari tadi (14/01). Sentimen kenaikan harga berasal dari harapan kenaikan data penggilingan Eropa Jumat ini.

Jumat ini akan dirilis data dari penggilingan kakao Eropa, pengolahan biji menjadi bubuk dan mentega, untuk tiga bulan terakhir 2015.

Jika grinding angka selama periode ini, yang melihat harga kakao sangat tinggi, melebihi harapan itu akan menunjukkan bahwa permintaan kakao yang mendasari kuat.

Dealer mengatakan data penggilingan kakao Eropa, yang akan dikeluarkan pada hari Jumat, diperkirakan menunjukkan kenaikan secara tahunan dari sekitar 2 persen sampai 5 persen.

Di akhir perdagangan dini hari tadi harga kakao berjangka kontrak Maret 2016 yang merupakan kontrak paling aktif terpantau ditutup dengan membukukan peningkatan. Harga komoditas tersebut ditutup naik sebesar 32 dollar atau 1,12 persen pada posisi 2.892  dollar per ton.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa harga kakao berjangka untuk perdagangan selanjutnya akan bergerak dalam kecenderungan menguat menantikan hasil penggilingan Jumat ini dan masih adanya hambatan produksi di negara produsen.

Untuk perdagangan selanjutnya harga kakao berjangka di ICE Futures New York berpotensi untuk mengetes level resistance pada posisi 2.940 dollar. Jika level resistance tersebut berhasil ditembus level selanjutnya adalah 2.990 dollar. Sedangkan level support yang akan dites jika terjadi koreksi ada pada 2.840 dollar dan 2.790 dollar.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here