Kenaikan Harga Karet Tocom Terbantu Pelemahan Yen

1327

Harga karet Tocom pada perdagangan Selasa pagi (19/01) terpantau naik. Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu Juni 2016 menguat disebabkan pelemahan mata uang yen terhadap dollar AS.

Pagi ini terpantau mata uang Yen Jepang mengalami pelemahan 0,09% saat ini berada pada level 117.43 per dollar AS. Pelemahan Yen tertekan hasil pertumbuhan ekonomi Tiongkok yang turun terendah sejak tahun 2009.

Pelemahan yen membuat harga karet alami berjangka Tocom terangkat. Bagi para pembeli luar negeri dengan melemahnya nilai tukar yen membuat harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang tersebut menjadi relatif lebih murah sehingga permintaannya mengalami peningkatan.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Juni 2016 pagi ini terpantau berada pada posisi 158,7 yen per kilogram. Harga karet alami berjangka mengalami kenaikan sebesar 1,3 yen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya pada 157.4 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari ini berpotensi untuk bertahan di zona hijau. Harga komoditas ini menemukan pijakan yang cukup kuat untuk pelemahan nilai tukar yen dengan kenaikan suku bunga AS yang dapat semakin menguatkan dollar dan rencana kenaikan selanjutnya pada tahun 2016 ini. Disamping itu kekuatiran perlambatan Tiongkok dapat menekan permintaan karet Tocom.

Untuk sesi perdagangan hari ini harga diperkirakan akan menemui level support di posisi 154,00 yen. Support selanjutnya ada di 149,00 yen. Sementara itu harga akan menemui resistance di posisi 164,00  yen dan 169,00 yen.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here