Habiskan 230 Miliar Dana IPO Dalam Setahun, Saham GOLL Turun Terus

437

Emiten anak usaha PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA) yaitu PT Golden Plantation Tbk.(GOLL) yang IPO pada akhir tahun 2014 telah menghabiskan semua dana IPO yang diterima perusahaan dengan alokasi paling besar untuk capex dan working capitalnya.

Dana IPO yang berhasil dikumpulkan GOLL pada akhir tahun 2014 sebesar Rp230,4 miliar dan hingga akhir tahun 2015 seluruh dana tersebut sudah terserap. Rp117,33 miliar dipakai untuk capex dan working capital tahun 2015 dan awal tahun Rp25,5 miliar dipakai untuk buyback kembali PT Bailangu Capital Investment (BCI) lalu sisanya akuisisi  PT Persada Alam Hijau (PAH).

Melihat aset yang dimiliki GOLL, PAH memiliki area seluas 2.400 hektar  dan sekitar 1.200 hektar  telah tertanam sedang BCI  memiliki area seluas 9.100 hektar  dan baru tertanam sekitar 1.000 hektar.

Menilik kabar dari lantai bursa perdagangan saham hari Kamis (21/01), saham GOLL dibuka  pada level 70 setelah perdagangan sebelumnya pada posisi 66. Hari ini saham bergerak dalam kisaran 70 dengan volume perdagangan saham GOLL baru 1 lot saham saja.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham GOLL sejak awal mecatatkan saham perdana terlihat telah mengalami tekanan dan saat ini bergerak dalam konsolidasi dalam range sempit, terpantau indikator MA sudah bergerak turun  dan  indikator Stochastic  menembus area jenuh jual setelah sebelumnya berada pada area tengah.

Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, diprediksi laju GOLL masih akan dalam tekanan dan menunggu sentimen fundamental yang menggerakan GOLL. Rekomendasai trading pekan ini pada target level support di level 63 hingga target resistance di level 73.

 

 

Lens Hu/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here