Harga Karet Tocom Turun Akibat Pelemahan Yen

449

Harga karet Tocom pada perdagangan Senin siang (01/02) terpantau menguat. Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu Juli 2016 naik terpicu pelemahan mata uang yen terhadap dollar AS.

Siang ini terpantau mata uang Yen Jepang mengalami pelemahan 0,09% saat ini berada pada level 121.25 per dollar AS. Pelemahan Yen tertekan dilaksanakannya kebijakan suku bunga negatif Jepang oleh BOJ.

Pelemahan yen membuat harga karet alami berjangka Tocom terangkat. Bagi para pembeli luar negeri dengan melemahnya nilai tukar yen membuat harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang tersebut menjadi relatif lebih murah sehingga permintaannya mengalami peningkatan.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Juli 2016 siang ini ditutup pada posisi 160,0 yen per kilogram. Harga karet alami berjangka mengalami kenaikan sebesar 1,7 yen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya pada 158.3 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari ini berpotensi untuk bertahan di zona hijau. Harga komoditas ini menemukan pijakan yang cukup kuat yaitu kebijakan suku bunga negatif BOJ yang cenderung akan semakin melemahkan kurs Yen.

Untuk sesi perdagangan berikutnya harga diperkirakan akan menemui level Resistance di posisi 165,00 yen. Resistance selanjutnya ada di 170,00 yen. Sementara itu jika harga turun akan menemui Support di posisi 155,00  yen dan 150,00 yen.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here