Bursa Wall Street Berakhir Mixed Terdorong Kenaikan Minyak Mentah

833

Bursa Wall Street ditutup mixed pada penutupan perdagangan Kamis dinihari (04/02), terdorong kenaikan harga minyak yang membantu kenaikan besar indeks indeks Dow Jones dan S & P 500.

Harga minyak mentah melonjak 8 persen pada penutupan perdagangan Kamis dinihari (04/02) setelah dolar AS melemah dan mengabaikan data yang menunjukkan lonjakan besar tak terduga dalam persediaan minyak mentah AS yang mencapai rekor tertinggi.

Komentar dari menteri luar negeri Rusia mengulangi kesediaan produsen utama untuk memenuhi jika ada konsensus di antara OPEC dan non-anggota OPEC, juga menghidupkan kembali harapan dari kesepakatan untuk memangkas produksi, juga membantu meningkatkan harga minyak mentah.

Harga minyak mentah berjangka WTI ditutup dengan kenaikan terbesar dalam lima bulan, naik $ 2,40, atau 8 persen, pada $ 32,28 per barel. Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent ditutup naik $ 2,32, atau 7,1 persen, pada $ 35,04 per barel, setelah naik setinggi $ 35,11.

Dolar AS diperdagangkan 1,65 persen lebih rendah terhadap sekeranjang mata uang, dengan euro naik 1,6 persen terhadap greenback, setelah lemahnya data jasa AS lemahnya menyarankan kenaikan suku bunga Federal Reserve berikutnya tampaknya lebih mungkin.

Indeks ISM non-manufaktur Januari tercatat 53,5, di bawah yang diharapkan 55,1. Itu juga merupakan angka terendah sejak Desember 2013.

Indeks Dow Jones Industrial Average berayun lebih dari 400 poin. Dow dibuka 100 poin lebih tinggi, tetapi jatuh lebih dari 150 poin di tengah pembacaan ISM lemah dan kenaikan persediaan minyak mentah. Namun dalam perdagangan sore, indeks blue chips pulih dan ditutup lebih dari 180 poin lebih tinggi.

Indeks S & P 500 juga sempat jatuh lebih dari 1 persen di posisi terendah sesi nya, sebelum berbalik positif dan menutup 0,5 persen lebih tinggi dengan sektor energi dan material memimpin.

Indeks Nasdaq sebentar berbalik lebih tinggi di perdagangan sore, setelah jatuh sekitar 2 persen pada posisi terendah. Indeks ditutup hampir 0,3 persen lebih rendah.

ADP melaporkan bahwa AS gaji swasta melonjak 205.000 bulan lalu, di atas perkiraan konsensus 195.000.

Investor juga mencerna laporan laba perusahaan dari perusahaan seperti, General Motors, Merck, Yahoo dan Comcast.

Menurut MNSI, Dudley mengatakan bahwa pengetatan lanjutan pada kondisi akan membebani Fed.Dia juga dilaporkan memperingatkan bahwa kekuatan tambahan dari dolar AS bisa memiliki “konsekuensi yang signifikan” bagi perekonomian AS.

Komentarnya datang sebagai Fed mempertimbangkan langkah berikutnya pada kebijakan moneter. Komite Pasar Terbuka Federal pada bulan Desember menaikkan suku bunga menargetkan seperempat poin setelah tujuh tahun menjaganya agar tetap mendekati nol. Itu kenaikan suku bunga pertama dalam lebih dari sembilan tahun.

Hasil Treasury AS dengan yield 10-tahun naik sebesar 1,88 persen, setelah mencapai terendah satu tahun.

Indeks Dow Jones Industrial Average berakhir naik 183,12 poin, atau 1,13 persen, pada 16,336.6, dengan kenaikan saham ExxonMobil, sedangkan saham McDonald yang tertinggal terbesar.

Indeks S & P 500 ditutup 9,5 poin lebih tinggi, atau 0,5 persen, pada 1,912.53, dengan sektor energi memimpin enam sektor yang lebih tinggi, sedangkan teknologi informasi yang tertinggal terbesar.

Indeks komposit Nasdaq ditutup turun 12,71 poin, atau 0,28 persen, pada 4,504.24.

Hari ini akan ada laporan laba perusahaan-perusahaan berikut : AstraZeneca, ConocoPhillips, Philip Morris, Cigna, Clorox, Credit Suisse, Dunkin Brands, NY Times, Tempur Sealy, Hartford Fincl., LinkedIn, News Corp., Symantec, Decker’s Outdoor, DeVry Education, Lions Gate

Malam nanti akan dirilis data indikator ekonomi AS, Initial Jobless Claim dan Unit Labour Cost yang diindikasikan meningkat. Ini akan memberikan  hasil negatif bagi indeks jika terealisir.

Juga akan ada data Non Farm Productivity QoQ Prel Q4 yang diindikasikan melemah, juga akan memberikan hasil negatif bagi indeks jika terealisir.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street berpotensi melemah dengan data indikator ekonomi yang melemah. Namun tetap perlu diperhatikan pergerakan harga minyak mentah yang jika melemah akan juga menekan bursa Wall Street.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here