Harga Kopi Arabica ICE Terangkat Penguatan Real Brazil

994

Harga kopi arabika ICE naik di akhir perdagangan bursa ICE Futures New York Jumat dini hari tadi (05/02), terpicu menguatnya mata uang Real Brazil.

Penguatan Real Brazil akan menaikkan nilai aset seperti kopi, karena Brazil merupakan negara produsen terbesar kopi dunia.

Pada penutupan perdagangan mata uang kemarin, mata uang Real Brazil menguat terhadap dollar AS. Real Brazil menguat 0,16% pada 3.8862 dollar AS. Pelemahan dollar AS setelah komentar dovish dari Presiden Fed New York William Dudley pada Rabu dan data ekonomi AS yang lemah baru-baru ini telah meragukan kemungkinan kecepatan dari kenaikan suku bunga The Fed tahun ini.

Harga kopi arabika berjangka di penutupan perdagangan dini hari tadi mengalami penguatan. Harga kopi arabika berjangka bulan Maret 2016 menguat sebesar 1,65 dollar atau setara dengan 1,36 persen dan ditutup pada posisi 1.2320 dollar per pon.  

Pasar akan mencermati rilis data tenaga kerja AS malam ini. Data Non Farm Payrolls Januari dan Non Farm Payrolls Private Januari diindikasikan melemah dibandingkan hasil sebelumnya. Jika hasil ini terealisir akan melemahkan kembali dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga kopi arabika berjangka di ICE Futures New York pada perdagangan selanjutnya masih akan menguat dengan potensi pelemahan dollar AS dan penguatan Real Brazil.

Harga kopi arabika berjangka di ICE Futures New York berpotensi untuk mengetes level Resistance di posisi 1,2620 dollar dan 1,2920 dollar. Sedangkan level Support yang akan dihadapi jika terjadi pelemahan ada pada posisi 1,2020 dollar dan 1,1720 dollar.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here